Menggunakan sabun cuci tangan dengan benar di bawah air mengalir sangat dianjurkan untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya. Sebab tanpa disadari, tangan dapat menjadi salah satu media penyebaran virus dan bakteri. Berikut beberapa risiko yang akan dihadapi apabila anda malas mencuci tangan dengan sabun.

Risiko Malas Mencuci Tangan dengan Sabun

1. Diare

Apabila anda menggunakan tangan yang kotor untuk mengambil makanan, siap siap saja mengalami diare. Masalah ini disebabkan karena kuman salmonella, e.coli, dan norovirus yang menempel pada tangan. Biasanya kuman tersebut akan menempel setelah anda menggunakan toilet atau saat mengganti popok si kecil.

Apabila tidak mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan dua kegiatan ini, maka kuman bisa terus menempel. Bukan tidak mungkin jika kondisi seperti itu menyebabkan diare. Bahkan faktanya cuci tangan pakai sabun dapat menurunkan penularan kuman penyebab diare hingga 42-47%. Jadi jangan lupa cuci tangan dengan benar menggunakan sabun.

2. Keracunan Makanan

Bukan hanya diare, anda juga berisiko mengalami keracunan makanan apabila tidak menggunakan sabun cuci tangan dengan benar. Sebab keracunan makanan ternyata bukan terjadi hanya karena mengonsumsi makanan kurang matang atau makanan basi saja. Namun tangan yang kotor bisa membuat anda keracunan makanan yang ditambah dengan muntah.

3. Muncul Jerawat di Wajah

Masalah lain yang dapat anda alami saat malas cuci tangan yaitu muncul jerawat di wajah. Karena tangan kotor berpotensi membuat bakteri di tangan berpindah ke kulit wajah. Sehingga wajah ikut kotor dan penuh dengan bakteri, yang kemudian memicu munculnya jerawat. Jika tidak ingin berjerawat, maka pastikan anda mencuci tangan dan tidak menyentuh wajah menggunakan tangan kotor.

Tips Cuci Tangan yang Benar

Tidak sekadar mencuci tangan menggunakan sabun, namun anda juga perlu mencuci tangan dengan benar supaya dapat memastikan bahwa kuman dan bakteri tidak ada yang menempel. Meskipun tampak sepele, nyatanya masih banyak orang yang tidak paham dan tidak menerapkannya. 

Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan sabun cuci tangan dengan benar mulai sekarang. Tipsnya yaitu mula mula basahi kedua telapak tangan memakai air yang mengalir. Kemudian usap dan gosok kedua tangan anda secara lembut. Dilanjutkan dengan mengusap dan menggosok kedua punggung tangan secara bergantian.

Jangan lupa bagian jari jari tangan, gosok bagian sela sela jari anda sampai bersih. Setelah itu bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan tangan. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Letakkan ujung jari anda ke telapak tangan dan gosok secara perlahan. Berikutnya bersihkan kedua pergelangan tangan, terakhir bilas seluruh bagian tangan dengan air bersih.

Bagaimana, sudah siap mencuci tangan dengan benar supaya terhindar dari berbagai risiko penyakit seperti di atas ? Jadi, mulai sekarang sebaiknya anda tidak menyepelekan cara mencuci tangan ini. Selain itu, gunakan produk berkualitas seperti Olaif Antibacterial Hand Soap supaya tangan bersih optimal dan tidak ada bakteri maupun kuman yang tertinggal.

By roket