Pipa PVC merupakan produk pipa thermoplastik pertama yang digunakan untuk saluran air, entah air bersih atau air kotor. Bahkan hingga saat ini, pipa PVC kerap menjadi pilihan karena menawarkan banyak manfaat.

Seperti namanya, pipa PVC menggunakan bahan baku Polivinil Klorida atau biasa dikenal dengan istilah PVC atau pipa uPVC. Material yang digunakannya merupakan salah satu polimer thermoplastik urutan ketiga. Kelebihan material Polivinil Klorida ini memiliki keunggulan dari sisi harga pipa pvc yang murah dan mudah dirangkai.

Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini beberapa keunggulan produk pipa dari bahan Polivinil Klorida yang perlu diketahui :

  1. Prosedur Instalasi Mudah

Dibandingkan produk pipa dari besi, jenis pipa dari bahan Polivinil Klorida ini memiliki prosedur pemasangan yang lebih mudah. Material thermoplastik yang digunakan pipa jenis ini, membuatnya mudah dipotong tanpa harus kesulitan dan butuh biaya besar.

Berbeda dengan produk pipa besi yang untuk memotongnya itu kamu butuh alat khusus dan keterampilan lebih. Material yang ringan juga membuat pipa PVC mudah dibawa dan dipasang, juga murah dalam hal pengangkutannya.

  1. Anti Korosi

Masalah krusial ini sering dialami produk pipa besi, sehingga membuat usia penggunaannya jauh dari harapan. Pipa uPVC sama seperti pipa thermoplastik lainnya yang memiliki karakter anti korosi. Selain itu juga, bahan Polivinil Klorida tahan terhadap bahan kimia tertentu seperti alkalin atau senyawa kimiawi lain.

  1. Harga Relatif Murah

Dibandingkan produk pipa besi, bahkan pipa thermoplastik lain, pipa yang menggunakan bahan Polivinil Klorida ini memiliki harga paling murah. Aksesoris sambungannya juga murah, yang membuat instalasi pipa ini sangat murah juga adalah karena tidak perlu menggunakan mesin penyambung pipa khusus.

Kemudahan dalam proses instalasi dan perawatannya membuat kamu tidak perlu menyewa jasa professional untuk mengatasi masalah pemasangan dan perawatan.

  1. Kuat Dan Kokoh

Generasi pipa uPVC modern saat ini sudah menggunakan bahan unplasticized Polivinil Klorida. Bahan ini berhasil memperbaiki berbagai kekurangan material PVC konvensional sebelumnya.

Setelah mengetahui beberapa keunggulan pipa PVC, kini saat kamu mengetahui jenis jenisnya. Berikut jenis jenis pipa uPVC yang perlu diketahui :

  1. Pipa uPVC Limbah Atau Pipa SDR-41

Pipa uPVC ini didesain untuk limbah. Pipa yang memiliki tebal dinding ini efektif untuk mengalirkan fluida dalam bentuk limbah cairan tanpa tekanan.

  1. Pipa uPVC Standard JIS

Di Industri perpipaan, banyak produk pipa PVC di Indonesia yang menggunakan standar JIS. Sehingga kamu mengenal istilah pipa uPVC tipe AW, D, dan C. Ketiganya bisa dibedakan berdasarkan kompisisi SDR atau standar dimensi rasio.

SDR sendiri merupakan acuan standar perbedaan dinding pipa dan diameter luar produk pipa, termasuk pipa dari material Polivinil Klorida. Biasanya ukuran SDR berkaitan dengan Pressure Nominal atau ketahanan sebuah produk terhadap tekanan air.

  1. Pipa PVC SNI

Pipa PVC SNI merupakan produk jaringan perpipaan yang diproduksi berdasarkan SNI atau Standar Nasional Indonesia. Umumnya, pipa ini memiliki jenjang panjang 6 meter per batang. Meski begitu, tersedia juga beberapa diameter pipa dengan panjang 4 meter per batang.

  1. Pipa PVC-O

Pipa PVC-O merupakan produk pipa terbaik dari bahan Polivinil Klorida. Dengan bahan baku yang sama, proses pembuatan membuat produk pipa PVC ini memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada pendahulunya. Pipa PVC-O dibuat dengan metode bi-axial. Metode ini mampu meningkatkan ikatan antar molekul, sehingga meningkatkan kekuatan dan juga elastisits material. Selain itu juga, bahan ini memiliki tingkat keretakan lebih rendah.

 

 

 

By sartika