Tempat Wisata Terbaik di Papua Yang Wajib Anda Kunjungi Versi Sampurasun Media

Papua tidak hanya menawarkan objek alam, tetapi ada juga wisata bahari, kuliner, religi, sejarah, hingga wisata budaya yang memiliki daya tarik sendiri sebagai potensi destinasi liburan. Sebelum kita membahas tempat wisata di Papua yang wajib dikunjungi, ada baiknya kita mengenal provinsi yang satu ini lebih dalam. Jika kamu berpikir Indonesia tak lebih menarik dari negara-negara di Eropa sana, cobalah berkunjung ke tanah Papua. Pulau withering timur Indonesia ini memiliki segala keindahan alam yang tak habis kamu jelajahi. Daratan dan alam bawah lautnya menjadi surga tersendiri bagi para penggemar wisata alam.

Selain Raja Ampat, ternyata masih banyak tempat wisata di Papua (yang dalam bahasa Inggris dijuluki New Guinea) yang menarik untuk dikunjungi, mengingat kepopulerannya sebagai surga wisata bagi wisatawan mancanegara. Papua memiliki tempat wisata dengan keindahan yang seakan tak akan pernah habis untuk dikunjungi. Keindahan dari darat maupun lautnya selalu menakjubkan bagi pengunjung. Selain keindahan alam bak surga ini, di Papua juga masih menjaga kearifan lokalnya sampai saat ini. Hal inilah yang membuat pulau tertimur Indonesia menjadi sangat spesial.

Tempat Wisata Terbaik di Papua Yang Wajib Anda Kunjungi Versi Sampurasun Media
Tempat Wisata Terbaik di Papua Yang Wajib Anda Kunjungi Versi Sampurasun Media

Wisata Terbaik di Papua Yang Harus di Kunjungi

Papua Nugini sendiri terkenal dengan pariwisatanya yang menarik, unik, dan menyimpan keindahan tersembunyi yang masih sulit dijangkau bahkan oleh turis lokal sekalipun.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman nasional dengan luas 1.453.500 hektar ini hampir 90% berupa perairan. Tak mengherankan jika Taman Nasioanal Teluk Cenderawasih menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Di sini akan ada banyak tempat wisata terbaik dan terindah di Papua dan yang wajib anda kunjungi versi sampurasun media, terdapat 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan yang bisa kamu saksikan di alam bawah lautnya. Tak jarang kura-kura, penyu, hiu dan lumba-lumba juga ikut menemani kamu saat menyelam.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih diresmikan pada tahun 1993 oleh Kementerian Kehutanan. Selain menikmati alam bawah lautnya, kamu juga bisa menjelajahi pulau-pulaunya. Pulau Mioswaar, salah satu pulau di tempat wisata di Papua ini, memiliki gua dengan sumber air panas dengan kandungan belerang yang layak kamu kunjungi. Selain Pulau Mioswaar, masih ada Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi dan pulau-pulau lainnya yang tak boleh kamu lewatkan.

Pantai Tablanusu

Tablanusu merupakan desa kecil yang letaknya dekat dengan pesisir, sehingga tak heran jika di sekitar daerah tersebut terdapat salah satu pantai alami yg sangat indah, namanya sama seperti nama desanya. Keunikan spot ini adalah pinggiran areanya dipenuhi batu kerikil kecil-kecil, sangat berbeda dari pantai pada umumnya yg memiliki bentangan pasir melandai luas.

Tak hanya di pantainya saja, di Desa Tablanusu sendiri mempunyai tanah yang berbatu kerikil. Letak dari Pantai ini terbilang sangat terpencil dan sederhana. Keindahan alam berupa air laut jernih serta jejeran pohon kelapa membuat suasana di sekitar pantai Tablanusu ini semakin tampak sejuk dan asri.

Raja Ampat

Tempat wisata terkenal ini merupakan tempat impian bagi seluruh pencinta alam di Indonesia. Raja Ampat ini memiliki 4 pulau kecil yang mengitarinya. Tempat ini memiliki kekayaan biota laut yang sangat banyak dan indah. Karenanya tempat ini menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Ketika menyelam di laut Raja Ampat ini Anda akan menemukan ribuan jenis ikan dan banyak penyu di laut ini. Menurut beberapa penelitian di laut Raja Ampat ini terdapat 75% jenis biota laut dunia berada di pulau ini.

Danau Sentani

Danau dengan luas 9.360 hektar ini merupakan danau terbesar di Papua. Terletak sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura, Danau Sentani menawarkan keindahan luar biasa. Sedikitnya ada 21 pulau yang menghiasi danau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut ini.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini mulai dari berenang, memancing, menyantap kuliner di sekitar danau sampai menyewa perahu untuk berkeliling danau. Selain itu, ada 24 desa di sekitar tempat wisata ini yang bisa kamu kunjungi dan berinteraksi langsung dengan warganya. Pemandangan deretan rumah panggung dengan jaring ikan menjadi hal yang wajar kamu saksikan di sini.

Yang menarik adalah adanya acara tahunan yaitu Festival Danau Sentani yang biasa diselenggarakan pada pertengahan bulan Juni. Saat celebration berlangsung, tempat wisata di Papua ini akan penuh disesaki wisatawan yang ingin menyaksikan berbagai pertunjukan seni dan budaya setempat. Selain menikmati pertunjukan selama celebration, kamu juga bisa memuaskan lidah dan perut dengan kuliner khas Papua yang banyak disajikan di sini.

Taman Wisata Alam Sorong

Bila ingin berkunjung ke Raja Ampat, jangan pernah melewatkan Taman Wisata Alam Sorong yang merupakan pintu gerbang menuju kawasan kepulauan ini. Taman wisata Sorong tersebut merupakan sebuah hutan lindung sekaligus ekosistem yg sangat cocok dikunjungi oleh mereka para pecinta alam. Terdapat berbagai jenis spesies hewan dan tumbuhan disini. Selain itu, ada juga region khusus untuk berkemah (outdoors), taman bermain outbound, dan fasilitas pendukung lainnya. Di dekat Taman Wisata Alam Sorong tersebut play on words terdapat penangkaran buaya yang juga dapat dikunjungi.

Taman Nasional Teluk Cendrawsaih

Taman Nasional ini merupakan kawasan konservasi yang dijaga oleh pemerintah. Kawasan konservasi Papua ini memiliki wilayah terbesar di Indonesia yaitu dengan luas 1.453.500 hektar. Di Teluk Cendrawasih ini Anda akan menemukan kekayaan alam bawah laut yang mengagumkan. Terdapat ratusan jenis ikan, ratusan jenis moluska, selain itu ada penyu, kura-kura, bahkan ada hiu dan lumba-lumba yang akan menemani Anda saat menyelami laut indah Teluk Cendrawasih Papua ini.

Pantai Batu Pica

Biak menjadi salah satu provinsi di Papua yang menyimpan surga wisata alam luar biasa, salah satunya Batu Pica sea shore. Bibir pantai ini bukan berupa pasir putih yang melandai tetapi melainkan batu karang yang tumbuh dan memiliki bentuk unik. Fenomena menarik dapat ditemui disini dimana ombak besar yang menghantam karang memecahkan bunyi gemuruh alam yang cukup besar. Terlebih pemandangan potongan batu karang yang merupakan batu gamping ini menyerupai sebuah potongan kayu meja sehingga menciptakan kesan unik saat dilihat.

Taman Nasional Lorentz

Taman nasional ini merupakan taman terbesar di Asia Tenggara. Taman dengan luasan sebesar 2.4 juta hektar ini akan membuat Anda tak akan berhenti mengagumi keindahan Tuhan di pulau ini. Taman ini dijadikan sebagai warisan Dunia oleh UNESCO.

Taman Nasional ini memiliki gletser di tengah tropis yang hanya dimiliki oleh tiga wilayah di dunia dan salah satunya adalah taman nasional Lorentz Papua ini. Selain keindahan alam Anda juga akan menikmati keragaman greenery dan fauna di taman ini.

By cahyaa