Ibrake – Karena merupakan bagian yang memainkan peran yang sangat penting dalam kendaraan, perhatian pada kondisi pengoperasian rem cakram brake pad sangat penting. Ini semua karena secara langsung berdampak pada keselamatan pengemudi, penumpang kendaraan lain, dan lalu lintas secara keseluruhan.

Pemeriksaan ini harus dilakukan pada frekuensi yang tepat, karena mobil dengan sistem rem yang rusak tentu lebih rentan terhadap kecelakaan. Oleh karena itu, perlu memperhatikan beberapa indikasi bahwa rem cakram perlu diganti. Pahami lebih baik di bawah ini.

Gemetar saat menginjak pedal rem

Pengereman normal tidak melibatkan getaran pedal rem. Jadi, jika pengemudi perlu menerapkan gaya yang lebih besar dari biasanya saat menginjak rem dan merasakan pedal bergetar, kemungkinan cakram sudah aus. Judder menunjukkan bahwa cakram melengkung, yang mengakibatkan diskontinuitas dalam proses gesekan cakram/bantalan rem.

Pengereman lebih lambat

Situasi lain yang perlu diwaspadai adalah ketika pengemudi harus menginjak pedal rem lebih lama dari biasanya. Keterlambatan dalam proses pengereman kendaraan ini juga dapat mengindikasikan perlunya mengganti cakram. Dalam hal ini, bagian tersebut mungkin memiliki pita tersembunyi atau keropos, yang mencegah sisipan mempertahankan kontak sempurna dengan disk.

Mencapai lebih dari 40.000 km perjalanan

Adalah bijaksana untuk memeriksa tidak hanya kondisi kerja cakram, tetapi juga semua bagian yang melibatkan sistem rem setelah 40 ribu km berjalan. Biasanya, hingga mencapai tanda ini, baik cakram maupun bantalan mengalami keausan mekanis, yang mengakibatkan pengurangan volume ke tingkat yang diklasifikasikan sebagai tidak cukup untuk menjamin pengereman yang berkualitas.

 

Seberapa pentingkah memiliki bantuan teknis yang baik?

Sangatlah penting untuk memiliki bantuan teknis yang berkualitas dalam hal perawatan kendaraan, karena hanya dengan begitu kualitas berkendara dapat disejajarkan dengan keselamatan.

Sebagai contoh, pikirkan saja evaluasi mekanis yang diperlukan untuk penggantian cakram rem. Hanya tim khusus yang dapat menganalisis semua parameter teknis yang melibatkan keputusan ini, memastikan bahwa kendaraan selalu bekerja dalam kondisi operasi yang ideal, menghindari masalah di masa depan.

Sekarang lebih mudah untuk memahami semua poin yang terkait dengan rem cakram berkarat, bukan? Perlu disebutkan bahwa penting untuk memperhatikan semua tanda yang menunjukkan perlunya mengganti cakram, seperti getaran pedal rem, waktu pengereman yang lebih lama, dan tanda 40 ribu km.