Dalam sebuah perusahaan penerbitan, tentu saja ada seorang pegawai yang memiliki tugas melakukan penyuntingan. Selain itu, ada sejumlah tugas editor di penerbit buku lainnya dengan tanggung jawab besar tentang hasil naskah dari penulis.

Apa saja Tugas Editor di Penerbit Buku?

Apakah Anda memiliki cita-cita menjadi seorang editor? Jika iya, ada sejumlah tugas lain yang harus dilakukan. Semua orang secara umum hanya mengetahui kewajibannya adalah menyunting naskah dari penulis. Berikut sejumlah tugas-tugas lainnya.

  1. Menyelesaikan Naskah Hingga Masuk Redaksi

Sebagai seorang editor, Anda harus melakukan tugas memastikan semua naskah bisa masuk ke meja redaksi. Tentu saja, hal ini sesuai dengan syarat dan ketentuan dari penerbit serta tidak melanggar etika. Oleh karena itu, akan dilakukan pertimbangan-pertimbangan.

Dalam rangka menyunting naskah, seorang editor juga harus memastikan bahwa isinya tidak menyalahi suatu aturan, mengandung unsur SARA, serta hal lainnya yang tidak pantas menjadi bagian konsumsi publik. Dengan begitu, tanggung jawab mereka menjadi lebih berat.

  1. Mencari Naskah Untuk Diterbitkan

Selain memiliki tugas membuat naskah menjadi enak dibaca, editor juga harus berburu karya-karya untuk kemudian masuk ke penerbit buku. Biasanya pihak publisher memiliki ketentuan sendiri-sendiri, sebagai contoh selalu ada karya terbit baru setiap bulannya.

Dalam hal ini, editor harus terus melakukan kontak secara intensif kepada penulis. Menanyakan kapan naskah mereka selesai. Selain itu, juga dapat berburu naskah langsung di lapangan. Dengan begitu, tidak hanya berdiam saja terpaku di depan komputer.

  1. Membantu Melakukan Promosi Buku

Berikutnya ada tugas editor di penerbit buku sebagai orang yang membantu dalam melakukan promosi. Jadi, mereka juga mempunyai tanggung jawab dalam hal ini lho. Setelah melakukan editing, menunggu persetujuan redaksi, hingga selesai cetak, jenis pekerjaan tersebut selalu ada.

Apabila buku penulis telah terbit dan siap meluncur di pasaran, maka editor akan melakukan promosi-promosi. Hal ini bisa mereka lakukan melalui media sosial atau lainnya.

Demikian informasi mengenai tugas editor di penerbit buku selain editing naskah. Namun, di sisi lain juga masih banyak tugas lain yang menanti.

By doni