Seperti yang diketahui oleh banyak orang pada umumnya bahwa dompet merupakan tempat menyimpan uang. Namun, kini menyimpan uang bisa dilakukan dengan online yang disebut dengan e-wallet. Ada berbagai macam e-wallet yang tersedia. Namun, memilih yang mana yang berkualitas memang cukup sulit. Tidak perlu khawatir, berikut cara mengetahui e-wallet yang bermutu.

Pengertian dan E-Wallet atau Dompet Elektronik

Sebelum mengetahui ciri-ciri dompet elektronik, alangkah baiknya untuk mengetahui lebih dalam terlebih dahulu mengenai e-wallet. E-wallet merupakan suatu layanan uang digital yang berbasis e-money, Brizzi, serta Flazz. Penggunaannya membutuhkan bantuan alat khusus untuk memindai kode pembayaran.

E-wallet bisa didaftarkan melalui aplikasi online dengan cara melengkapi identitas terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir, e-wallet tidak melakukan pemeriksaan kredit. Proses pembuatannya pun relatif singkat dan cepat sehingga bisa dioperasikan dengan mandiri. Begitu akun aplikasi e-wallet aktif, pengguna sudah dapat menggunakan untuk melakukan transaksi online.

Dapat diketahui bahwa fungsi dari e-wallet memang hampir sama dengan uang tunai pada umumnya yang disimpan dalam dompet. Hanya saja, e-wallet menyediakan uang elektronik yang tersimpan di dalam akun yang telah didaftarkan. Selain itu, arus masuk keluar keuangan bisa diatur dengan rinci dan detail.

Ciri-ciri Pelayanan E-wallet yang Bermutu

1. Bertumpu atau Berbasis Server

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa basis dari dompet elektronik adalah server dan chip. Bamun, ada beberapa pakar teknologi yang menyebutkan bahwa berbasis chip lebih banyak diterapkan pada penggunaan e-money. Ada juga e-wallet untuk melakukan transaksi online yang berbasis server dan perkembangannya bisa ditelusuri dan mudah diakses melalui gadget.

2. Membutuhkan Identitas

Ciri-ciri lain yang dimiliki oleh pelayanan e-wallet yaitu mewajibkan penggunanya untuk mendaftarkan diri dengan mengisi identitasnya yang jelas. Meskipun proses pendaftarannya dinilai mudah dan cepat, pengguna wajib melakukan registrasi terlebih dahulu dengan jelas dan lengkap. Contohnya, memasukkan informasi nama yang asli agar tidak bisa dipalsukan.

Pengguna e-wallet tidak dapat memasukkan identitas diri yang palsu karena sistemnya memiliki keamanan yang cukup ketat. Data yang dimasukkan pun juga akan tersimpan dengan aman di dalam server. Tentunya, usahakan untuk tidak memberi tahu password anda ke orang lain agar terhindar dari kejahatan orang lain bahkan dengan petugas bank.

3. Pengisian Saldo Aman dan Praktis

Karakteristik lainnya yang dimiliki oleh e-wallet berkualitas yaitu menyediakan pelayanan isi saldo yang praktis. Pengguna dapat mengujinya melalui merchant atau bank. Bisa juga pengguna mengisi saldo dengan ke supermarket terdekat. Ada juga cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan melalui bantuan e-banking.

Demikian informasi mengenai karakteristik dari dompet elektronik yang berkualitas. Hal ini perlu diketahui agar proses transaksi online dapat dilakukan dengan lancar, aman, dan cepat. Selain itu, ada juga pelayanan yang bisa digunakan yaitu Duitku dengan berbagai macam fitur beserta keistimewaannya yang tidak dimiliki oleh layanan fintech lainnya. 

 

By roket