Merawat lingkungan

Mengenalkan dan Merawat Lingkungan Sehat/Bersih Pada Anak

Mengenalkan lingkungan kepada anak usia dini melalui pembelajaran yang dilakukan sejak awal usia anak mengenai kesadaran lingkungan dapat menimbulkan kesadaran pada anak dalam menjaga lingkungannya, karena dengan mengenalkan kesadaran lingkungan dapat membentuk sikap, nilai dan pola perilaku seumur hidup anak yang disertai dengan rasa tanggung jawab social dan lingkungannya. Dengan demikian karakter anak akan terbentuk dan dapat mengembangkan sikap positif terhadap kesadaran merawat lingkungan.

Mencintai lingkungan adalah cara manusia dalam menjaga dan memelihara lingkungan disekitarya agar dapat bermanfaat bagi mahkluk hidup dan kelangsungan hidup. Untuk ini, sedini mungkin anak diajarkan untuk mencintai lingkungan. Dengan mencintai lingkungan secara tidak langsung manusia itu telah melindungi dirinya, orang lain serta anak cucunya di masa depan sehingga dapat tetap menikmati lingkungan yang sehat dan sejuk.

Beberapa contoh tindakan sederhana positif yang akan ditiru oleh anak usia dini :

  • Membersihkan halaman disekitar rumah

Merbersihkan lingkungan di rumah adalah suatu kewajiban semua orang untuk membersihkan rumah dari sampah limbah rumah tangga/kotoran yang dihasilkan oleh hewan agar lingkungannya tetap bersih, sehat dan nyaman. Untuk ini anak usia dini harus di ajarkan menyapu, mengepel dan semacamnya agar terbiasa hidup yang bebas dari kotoran dan tetap menikmati lingkungan yang bersih.

 

  • Mengajari anak menanam dan merawat tanaman

Mengajak anak untuk memelihara/merawat tumbuhan adalah salah catu cara agar anak tetap mengenal yang namanya tatak ramah lingkungan.

 

  • Ajarkan anak untuk membuang sampah pada tempatnya

Ajarkan anak membuang sampah pada tempatnya hal ini bertujuan agar anak tidak terbiasa untuk membuang sampah sembarangan melainkan membuang sampah pada tempatnya dan memberi tahu fungsi tempat sampah organik dan non organik, orang tua harus menyediakan tempat sampah didalam/diluar rumah dan ajarkan anak untuk memilah sampah dan ajarkan anak tentang Reduce, Recycle dan Reuse (3R).

 

  • Menggunakan air secara hemat

Ajari si anak tentang seberapa penting nya menghemat air agar si anak, misalnya ketika si anak ingin mandi biarkan si kecil untuk menyalakan airnya dan ketika sudah selesai mandi biarkan si anak yang mematikan air dari kerannya agar si anak terbiasa dan mengingat untuk menghemat air.

By gogreen