Memiliki rumah yang nyaman tentunya menjadi dambaan setiap orang. Arti nyaman disini tentunya memiliki arti yang cukup luas. Itu bisa dilihat dari rumah yang mewah atau memiliki desain yang sesuai dengan ekspektasi. Masalahnya, bagaimanapun, adalah apa yang terjadi jika kriteria ini bukan milik rumah Anda.

Jika kondisinya seperti ini, renovasi rumah mungkin bisa menjadi jawabannya, namun renovasi rumah bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan karena merenovasi rumah membutuhkan perencanaan yang matang atau biasanya meningkatkan biaya renovasi.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk merenovasi rumah, berikut beberapa tips yang patut Anda hemat untuk renovasi rumah Anda.

Tentukan dengan cermat konsep renovasi rumah

Pada tahap ini kita menentukan bagian rumah mana yang ingin kita renovasi / perbaiki, apa desainnya, apakah kita akan menggunakan kembali material lama atau tidak. Tentunya jika ingin menggunakan material lama harus berhati-hati agar tidak merusaknya.

Sementara itu, akan dibuat desain yang bermanfaat agar hasilnya sesuai dengan yang kita inginkan. Karena jika hasilnya tidak sesuai, kita harus menguranginya agar lebih mahal. Jika Anda memahami konsepnya dengan baik, pembangun bisa bekerja lebih cepat.

Tentukan bahan bangunan dengan baik

Carilah bahan yang lebih murah dan berkualitas menengah, meskipun sumber daya kita terbatas. Bahan adalah yang paling mahal saat merenovasi rumah. Namun, ada beberapa bagian renovasi rumah Anda yang tidak dapat Anda kompromikan dalam hal harga dan kualitas.

Di bagian ini, Anda perlu menggunakan bahan berkualitas tinggi dengan harga lebih tinggi, seperti: Misalnya untuk fondasi rumah, pipa air yang ditanam, struktur bangunan dan rangka atap. Bisa dibayangkan jika ada kebocoran atau kerusakan pada bagian ini, maka tentunya kita harus menurunkannya lagi yang artinya kita harus mengeluarkan uang lebih banyak.

Untuk cat eksterior juga disarankan menggunakan kualitas yang baik karena bagian luar rumah biasanya terkena hujan, terik matahari, atau udara lembab. .

Pilih metode pembayaran tukang

Metode pembayaran artisanal umumnya dibagi menjadi dua bagian: grosir dan harian. Jika kita yakin pekerjaan renovasi sudah selesai dan sudah sangat memahami konsep renovasi rumah, alangkah baiknya jika menggunakan sistem borongan. Sebaliknya, kami tukang batu dapat membayar setiap hari jika konsep renovasi kami tidak jelas.

Pilih waktu yang tepat untuk merenovasi rumah Anda

Pekerjaan renovasi sebaiknya tidak dilakukan selama musim hujan karena akan sulit dilakukan pada musim ini. Selain itu, eksterior yang sedang direnovasi sulit untuk dikeringkan bahkan bisa rusak.

Apakah Anda butuh jasa desain rumah? Jika iya, bisa kunjungi tautan tersebut, hasilnya sangat profesional & puas dengan layanannya.