main image

Tentunya kamu sudah tahu kan jika bermain game dalam waktu yang lama itu bisa mengganggu kesehatan? Tidak hanya mata saja yang akan mudah lelah, namun para gamers juga akan sering merasakan efek lainnya seperti badan pegal. Untuk mengurangi resiko tersebut, sangat direkomendasikan untuk kamu menggunakan kursi gaming yang nyaman. 

Beberapa kursi gaming juga hadir dengan bentuk dan desainnya yang mewah. Saat bermain games, tubuh kamu harus ditempatkan pada kursi yang benar benar nyaman. Jika kamu salah dalam memilih kursi gaming, maka kesehatanmu adalah taruhannya. Supaya tidak salah dalam memilih kursi gaming, kamu bisa ikuti tips dibawah ini :

  • Menyesuaikan Dengan Ukuran Tubuh Kamu

Saat kamu menggunakan kursi yang tidak pas, pastinya kamu akan merasa tidak nyaman. Jika ketidaknyamanan tersebut dibiarkan berlarut larut, pastinya akan berakibat buruk. Misalnya seperti akan terhambatnya pertumbuhan tulang, badan pegal pegal, bengkoknya tulang, serta risiko lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memperbaiki cara duduk atau mengganti kursi yang sesuai dengan postur tubuhmu. 

  • Perhatikan Desainnya

Biasanya, seorang gamer professional akan memilih kursi gaming yang warnya senada dengan perangkat konsol game miliknya. Oleh karena itu, kamu jangan hanya terpaku pada merk dan harganya saja. Sebaiknya pertimbangkan juga desain yang sesuai dengan tema permainan serta lingkungan kamu. 

  • Memilih Kursi Gaming Dengan Bantalan Leher Dan Punggung Yang Empuk

Coba bayangkan saja saat kamu berada delapan jam didepan layar komputer, sedangkan kursi yang digunakan tidak nyaman. Misalnya kursi dari material yang keras sehingga membuat badanmu mudah pegal. Bagian yang cukup penting pada kursi gaming adalah bagian kepala dan punggungnya. Biasanya, para produsen menyiasatinya dengan memberi bantal tambahan dibagian kursi yang rentan menyebabkan sakit. Tujuannya tidak lain adalah untuk menyangga leher, kepala, serta pinggang supaya tidak mudah pegal atau salah urat. 

  • Memilih Kursi Gaming Dengan Sandaran Yang Bisa Disesuaikan

Setelah kamu menemukan kursi gaming dengan bantalan yang tidak keras, kemudian pilihlah kursi gaming dengan sandaran yang bisa disesuaikan. Tujuan pengaturan sandaran pada kursi gaming ini tujuannya untuk mendapatkan posisi duduk yang nyaman serta sempurna. Jika kamu ingin mendapatkan kenyamanan yang maksimal saat bermain game, maka pilihlah kursi gaming yang bisa disandarkan minimal 150 derajat. 

  • Memilih Kursi Gaming Berdasarkan Bahan Lapisannya

Secara umum, ada dua jenis material yang biasanya digunakan untuk melapisi kursi gaming, yaitu kulit PU leather dan PVC leather. Keduanya adalah jenis kulit imitasi atau sintetis yang sering dipakai para produsen pembuat kursi. Kedua bahan yang terbuat dari senyawa material plastik ini cukup digemari para gamers karena lebih terjangkau harganya. 

  • Memilih Kursi Gaming Dengan Rangka Yang Kuat

Dan terakhir, pastinya kursi gaming terbaik itu memiliki kualitas yang awet dan kokoh. Coba bayangkan jika kursi gaming yang digunakan terbuat dari kerangka berbahan plastik. Pastinya selain mudah patah, kursinya juga tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk mengetahui seberapa bagus kualitas kursi gaming yang dipilih, kamu bisa melihatnya dari kerangka yang digunakan. Oleh karena itu, sebisa mungkin memilih kursi gaming dengan kerangka besi. Kerangka lain yang harus diperhatikan adalah bagian roda, sandaran tangan, dan material tuasnya. 

By sartika