Memiliki tempat tinggal sendiri adalah impian banyak orang. Namun, banyak yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Salah satunya adalah mempersiapkan dana jangka panjang untuk membiayai KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Jadi, seperti apakah tips memilih KPR rumah bagi milenial? Simak tips berikut ini rumahimpian.id/:

Sesuaikan spesifikasi rumah dengan kondisi keuangan

Pada saat ingin membeli rumah pertama, sebaiknya kaum milenial tidak terlalu ambisius. Tentunya selain disesuaikan dengan kebutuhan, spesifikasi rumah incaran haruslah disesuaikan dengan kondisi keuangan saat ini.

Pasalnya, sebelum mengajukan KPR, diperlukan sejumlah uang muka/DP (down payment) untuk rumah yang akan menjadi objek KPR. Biasanya, DP berkisar 10 hingga 30% dari harga rumah yang menjadi objek KPR.

Kalkulasi cicilan per bulan

Besaran cicilan KPR ditentukan oleh lamanya tenor yang diambil. Jika mengambil tenor panjang, cicilan per bulan lebih kecil tetapi waktu pelunasannya lebih lama. Sebaliknya, tenor pendek akan membebankan nominal cicilan bulanan yang lebih besar akan tetapi pelunasannya lebih cepat. Nah, tentunya saat tips memilih KPR dan tenor wajib mempertimbangkan penghasilan yang dimiliki saat ini agar tidak keteteran membayar cicilan.

Pertimbangkan suku bunga cicilan KPR

Setiap lembaga keuangan menerapkan suku bunga yang berbeda, yakni antara 8-12%. Memang tampaknya angka ini tidak signifikan, tetapi jika tidak dicermati dapat membebani pengeluaran. Maka, saat memilih KPR, ada baiknya mencari tahu lebih dulu berapa persen suku bunga yang diterapkan oleh bank atau lembaga keuangan penyedia KPR. Bila memungkinkan, pilihlah yang bunganya paling rendah.

Ketahui syarat batas usia yang tertera untuk pengajuan KPR

Pada umumnya, batas usia untuk pihak yang mengajukan KPR adalah antara 21 hingga 55 tahun. Di luar itu (misalnya masih 20 atau bahkan sudah 60), biasanya bank akan menolak pengajuan. Nah, saat memilih KPR, hitung usia saat ini ditambah tenor yang diambil maka akan diketahui perkiraan pada usia berapa KPR lunas.

By Deric