Arus kas merupakan salah satu laporan keuangan terpenting yang dibuat oleh sebuah perusahaan. Seperti yang Anda ketahui, bisnis pasti didorong oleh uang tunai baik dari segi biaya maupun pendapatan.

Maka tak heran jika para pelaku usaha berusaha mengangkat laporan keuangan ini.

Meningkatkan arus kas dalam bisnis akan menghasilkan keuntungan yang lebih cepat, menyelesaikan proyek dalam waktu yang lebih singkat dan mengurangi biaya operasional.

Namun, Anda perlu mengembangkan strategi untuk memaksimalkan laporan arus kas organisasi Anda untuk mencapai segalanya.

Apakah Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan? Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Konsultan Pajak Surabaya

Analisis Indikator Bisnis 

Jika Anda ingin membuat laporan arus kas akurat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa dan menganalisis semua transaksi yang terjadi.

Anda bisa memulai dengan apa yang terjadi dalam bisnis, kemudian menganalisa apa yang dibutuhkan bisnis Anda.

Informasi tersebut dapat membantu Anda memutuskan kapan harus membelanjakan atau berapa banyak yang akan diperoleh.

Jadi Anda bisa menentukan kegiatan yang mendukung pertumbuhan bisnis Anda, seperti kegiatan investasi dan lain sebagainya.

Tetapkan anggaran

Selain itu, Anda akan membutuhkan anggaran pengeluaran khusus untuk menyusun laporan keuangan dengan arus kas yang tinggi.

Hal ini dikarenakan dalam laporan arus kas terdapat pemahaman mengenai pengeluaran dan waktu pembayaran untuk kebutuhan darurat atau pengeluaran yang diharapkan.

Oleh karena itu, anggaran perusahaan Anda harus mencakup biaya tetap atau variabel. Dengan cara ini, Anda secara tidak langsung akan memahami tanggung jawab Anda dan berlatih merencanakan masa depan.

Perhatikan syarat pembayaran

Kas merupakan salah satu pilar terpenting dalam operasional sebuah perusahaan. Jadi jika perusahaan tidak mendapatkan jumlah uang atau uang tunai yang tepat, itu akan menjadi masalah.

Dan karena berkaitan dengan kas, tentunya hal ini akan mempengaruhi laporan arus kas perusahaan. Jadi pastikan Anda memiliki kebijakan mengenai syarat pembayaran di dalam perusahaan.

Anda dapat membuat perjanjian atau kontrak pembayaran untuk menghindari arus kas yang terlambat. Mereka juga menciptakan sistem pembayaran yang efektif dan efisien untuk setiap proses penjualan hutang.

Jangan abaikan PPN

PPN merupakan kewajiban pemerintah bagi pelaku usaha. PPN sering dibatalkan atas transaksi penjualan atau rekening yang harus dibayar oleh perusahaan.

Hindari mendapat masalah di masa depan. Ada baiknya untuk tidak mengabaikan PPN, karena jika diakumulasikan tidak hanya jumlah hutang yang harus Anda bayar, tetapi juga denda atau denda yang harus Anda bayar. Jika demikian, laporan arus kas tidak akan valid untuk saat itu.

Jangan lupa tentang PPN, jangan lupa untuk mengajukan PPN langsung dengan catatan penjualan. Dan jika harus membayar PPN sebaliknya.

Pastikan laporan arus kas tinggi

Langkah-langkah kecil yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan laporan arus kas Anda Anda dapat membuat keputusan yang tepat di penghujung hari dengan terus memperbarui laporan arus kas Anda.

Selain itu, Anda dapat membuat tren untuk memperbaiki masalah yang ada.

Jika laporan keuangan tidak segera dimutakhirkan, dikhawatirkan akan terjadi beberapa transaksi yang tidak tercatat dan akibatnya hasilnya tidak mencerminkan situasi bisnis Anda.

Masalah penyalinan ini biasanya dialami oleh usaha kecil atau menengah.

Mereka sering merasa dapat mengingat transaksi yang ada atau mengharapkan banyak transaksi.

Tapi hal seperti itu sangat berbahaya. Oleh karena itu, pastikan informasi yang dimasukkan dalam laporan arus kas Anda akurat dan lengkap.

Ini akan menjadi kebiasaan sederhana jika Anda mau mencatat secara teratur. Selain itu, Anda dapat menggunakan teknologi yang ada. Pelajari bagaimana Aplikasi Keuangan Perusahaan membantu Anda dalam pekerjaan Anda. https://proconsult.id/