Tahukah Anda bahwa interior ruangan Anda memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan sehari-hari Anda? Kami menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan, baik di rumah atau di kantor, jadi kami mencerminkan ruang tempat kami tinggal.

Dari sudut pandang psikologis, ruangan tempat kita tinggal dalam waktu yang lama memengaruhi perilaku kita. Jika Anda merasa gelisah, produktif, atau sehat, cari tahu mengapa dan bagaimana desain rumah Anda dapat berdampak positif bagi Anda.

1. Semakin hijau semakin baik

Tanaman umumnya dapat memurnikan udara dan menghilangkan senyawa berbahaya dari udara. Tanaman dalam ruangan tidak hanya menjernihkan udara, tetapi juga menciptakan suasana yang tenang dan santai.

Membawa tanaman hias ke dalam ruangan sangat bagus untuk ruangan seperti kantor dan kantor rumah, karena konsentrasi penuh dan udara yang baik sangat penting untuk produktivitas.

2. Mengetahui pencahayaan dalam ruangan dan suasana yang dipancarkan

Pernahkah Anda memperhatikan mengapa tempat atau ruangan lain menggunakan cahaya redup daripada cahaya terang? Atau tidakkah Anda bahkan menggunakan cahaya alami? Alasannya terletak pada setiap ruangan yang Anda tempati dan tentunya suasana yang ingin Anda rasakan di setiap ruangan tersebut. Cahaya redup atau nuansa kuning bagus untuk malam hari.

Pencahayaan yang hangat dapat menenangkan suasana dan membuat orang lebih rileks. Berbeda dengan area kantor, pencahayaan yang terang terkadang menjadi prioritas bagi banyak orang. Namun kenyataannya, cahaya alami jauh lebih penting untuk menghindari dampak negatif dan kebutuhan akan produktivitas.

3. Pilih warna yang cocok untuk Anda

Warna memiliki makna psikologis dibalik setiap warna. Jika Anda ingin menilai warna dinding di sebuah ruangan sebagai positif di ruangan itu, yang terbaik adalah memulai dengan nada lembut dari warna tersebut sebelum memperhatikan.

Jika Anda ingin memilih warna, misalnya untuk ruang kerja, semuanya tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan. Hal ini tentunya juga bisa diterapkan pada ruangan lain seperti ruang keluarga atau ruang makan.

Atau, gunakan warna yang lebih hangat agar ruang terasa lebih kompak untuk ruang seperti kamar tidur atau ruang keluarga.

4. Seni sebagai objek inspirasi

Menambahkan sebuah karya seni ke dalam sebuah pameran dapat menambah sesuatu pada ruang yang tidak memiliki karakter atau inspirasi.

Karya seni seperti lukisan atau pahatan di dalam ruangan tidak hanya bisa menjadi dekorasi, tapi juga merangsang ide atau perbincangan. Karya seni ini juga bisa membawa kegembiraan bagi orang-orang di sekitarnya. Hanya saja Anda perlu berhati-hati dalam memilih warna yang akan dimunculkan pada karya yang ingin Anda pamerkan agar tidak mengganggu orang di waktu yang salah.

5. Sediakan ruang bersama untuk menghilangkan stres

Ruang hobi tentunya harus disesuaikan dengan preferensi spesifik Anda. Saat Anda bernyanyi, memainkan musik, atau menari, Anda tidak perlu berpikir dua kali dan mendirikan studio rekaman atau dance.

Meskipun ruangan lain di rumah Anda yang dirancang khusus untuk hobi Anda akan menenangkan pikiran dan menghilangkan stres, Anda dapat mengubah suasana ruangan Anda dengan menambahkan elemen seperti speaker atau perangkat multimedia untuk memutar musik, film atau video dan untuk melepaskan lelah.

Source: https://avantela.com/home.