Stress Selama PSBB Pandemi, Senam Aerobik di Rumah, Yuk!

Pandemi virus corona di Indonesia belum berakhir dengan penerapan ketat PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa kota zona merah. Jangan heran kalau aturan PSBB menjadi salah satu pemicu peningkatan stress. Mungkin Anda salah satu orang yang mengalami dampak PSBB sehingga wajib melakukan pekerjaan dari rumah saja. Untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus menghilangkan stress, sebaiknya ikuti senam aerobik yang memiliki manfaat kesehatan lebih baik.

4 jenis gerakan senam aerobik yang bisa dicoba di rumah

 

Tak perlu menjadikan alasan #DirumahAja untuk malas-malasan. Anda tetap bisa melakukan olahraga di rumah yang aman dengan serangkaian kegiatan senam berikut :

1.    Rocket jump

Ambil posisi berdiri agar membungkuk dengan posisi kaki dibuka dan lutut ditekuk sedikit. Letakkan kedua telapak tangan pada paha, lompat dengan posisi tangan lurus ke atas dan luruskan kaki sebelum mendarat ke lantai. Lakukan kegiatan melompat tersebut 15-25 kali setiap satu sesi senam aerobik.

2.    Squat jump

Mulai kegiatan senam di rumah dengan berdiri tegap, kencangkan perut serta luruskan punggung Anda. Jongkokkan tubuh dengan posisi seperti akan duduk dan punggung membentuk garis lurus 45 derajat.

Kemudian letakkan lengan pada masing-masing lutut dan lompatlah setinggi mungkin dengan posisi tangan terentang serta kaki yang terbuka lebar. Usahakan posisi mendarat kembali membungkuk dan tangan ada di kanan kiri lutut, ya! Lakukan pengulangan 15-25 kali setiap hari dan rasakan manfaat sehat dari kegiatan ini.

3.    Squat

Review orang lain bisa memberikan rekomendasi kegiatan senam di rumah demi menjaga kebugaran tetap maksimal selama masa pandemi. Anda bisa melakukan squat dengan cara membuka kedua kaki sejajar dengan bahu, lalu julurkan tangan lurus ke depan dada.

Sedangkan posisi bokong harus seperti orang duduk di kursi dan jaga agar punggung tetap lurus. Tidak mudah bagi pemula, tetapi Anda bisa berusaha latihan squat 15-25 kali setiap hari.

4.    Burpee

Sebaiknya Anda ambil posisi jongkok dengan posisi kedua tangan memegang lantai, lalu luruskan kaki ke belakang seperti posisi push up. Lakukan gerakan jongkok dengan cepat sedangkan kedua tangan tetap pada posisi memegang lantai, lalu berdiri dengan posisi tangan meraih ke atas. Pengulangan gerakan bisa Anda lakukan dengan intensitas 15-25 kali setiap sesi latihan.

Banyak manfaat senam aerobik jika delakukan secara rutin bisa membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Anda yang ingin melakukan program diet, bisa mencoba aktivitas penurunan lemak lebih cepat ini. Bagi pemula yang baru pertama ingin melakoni senam, sebaiknya melakukan kegiatan dengan intensitas ringan lebih dulu.

Jangan lupa untuk memulai aktivitas olahraga dengan pemanasan dan pendinginan, ya! Yuk, jaga kesehatan diri sendiri dengan melakukan olahraga di rumah! Tetap sehat dan bebas dari risiko paparan corona di rumah saja, kenapa tidak?

By Ningrum