Orang-orang di Indonesia sekarang sangat tertarik untuk membeli obat di internet, dan ini adalah perubahan besar. Orang-orang menyukai apotek online karena mudah digunakan, tetapi juga memiliki banyak manfaat.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan apotek online adalah mereka membebankan harga yang lebih rendah.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, apotek online juga membantu masyarakat Indonesia mendapatkan obat-obatan yang mereka butuhkan tanpa harus ke apotek. Ini membantu menghentikan penyebaran virus covid-19.

Namun seperti toko online lainnya, kita tetap harus cerdas dan berhati-hati saat membeli barang, apalagi apotek menjual barang yang sangat penting bagi kesehatan kita.

Tidak dapat dipungkiri bahwa di luar sana banyak sekali oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang bertindak seolah-olah mereka menjalankan toko online dan melakukan banyak penipuan. Hal yang sama juga berlaku untuk apotek online

Karena sangat penting untuk mengetahui apakah apotek tersebut memiliki izin untuk menjual obat-obatan, ini menjadi sangat penting. Jika Anda ingin menjual obat secara online, Anda harus mengikuti aturan di Indonesia yang mengatakan siapa yang boleh dan tidak boleh melakukannya. Aturan ini juga menyebutkan jenis produk apa yang bisa Anda jual di internet.

Meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati. Jika Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan, Anda dapat membantu pemerintah dengan melaporkan apotek online kepada pemerintah.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda aman saat menggunakan apotek online:

1. Saat ingin membeli obat keras yang membutuhkan resep dari apotek online, pastikan mereka meminta gambar resep dokter terlebih dahulu agar Anda bisa mengirimkannya. Jangan terkecoh dengan fakta bahwa obat keras mudah didapat bahkan tanpa surat dokter.

2. Pastikan website atau aplikasi apotek online memiliki apoteker. Penting untuk memeriksa apakah situs web atau aplikasi apotek online memiliki fitur konsultasi obat dengan apoteker. Anda juga perlu memastikan bahwa apoteker di apotek online memiliki lisensi dari institusi resmi.

3. Anda harus waspada jika apotek online mulai meminta terlalu banyak informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit dan informasi pribadi lainnya, karena ini bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak dapat dipercaya.

4. Jika tidak yakin, Anda dapat memeriksa riwayat apotek online terlebih dahulu. Saat ini, sangat mudah untuk menemukan ulasan di internet.

5. Pikirkan sebelum Anda membeli sesuatu. Jangan mudah tergiur dengan harga yang terlalu rendah. Anda harus waspada jika harganya jauh di bawah kisaran harga resmi obat tersebut. Juga berbahaya untuk mengonsumsi obat-obatan yang mengatakan bahwa mereka dapat mengobati banyak jenis penyakit yang berbeda sekaligus.

6. Setelah Anda membeli dan mendapatkan obatnya, pastikan Anda memeriksa bahwa obat tersebut asli.

By Drajad