Ibu bapa Upin Ipin sebenarnya dibunuh??!! Siapa yang bunuh dan apakah motif  pembunuhan? Upin Ipin tahu tak sebena… | Kartun, Gambar karakter disney,  Vintage cartoon

Upin dan Ipin merupakan saudara kembar dan dikenal banyak orang karena serial kartunnya. Tingkah laku Upin Ipin yang kembar identik tersebut sering kali mengundang tawa. Meski Upin Ipin terlihat mirip, terdapat berbagai cara membedakan Upin dengan Ipin. Lalu apa saja perbedaan Upin Ipin meski memang sangat sedikit perbedaannya.

  1. Pakaian

Ada salah satu perbedaan yang mencolok antara Upin dengan Ipin yaitu adalah pakaiannya. Pada saat mengenakan kaos singlet, maka Upin memakai kaos dengan warna kuning. Bukan hanya itu saja, baju Upin ini juga terdapat tulisan “U” pada bagian depan kaosnya. Meski Upin sedang tidak mengenakan kaos singlet, tetapi Upin selalu saja identik dengan warna kuning tersebut.

Sementara Ipin sering kali mengenakan kaos singlet dengan warna biru. Ada juga huruf “I” pada bagian depan kaos biru tersebut. Terkadang Ipin juga menggunakan syal dengan warna merah di leher. Kalau sedang tidak menggunakan kaos singlet, sama seperti Upin, Ipin selalu saja identik dengan pakaian berwarna biru. Selain pakaian, perbedaan Upin Ipin bisa juga dari gundulnya.

  1. Gundul

Meski bisa dibilang Upin Ipin ini sama-sama gundul, tetapi terdapat perbedaan cukup jelas antara mereka, karena Upin mempunyai sehelai saja rambut di atas kepala. Hal satu ini memang menjadi pembeda jelas untuk memudahkan penonton. Bahkan bukan hanya itu saja, misalnya pada saat Upin memakai helm, tetap terdapat sehelai rambut juga di atas kepala Upin. Ketika menjadi kaktus juga sekali pun sehelai rambut tersebut tetap ada sehingga menjadi kelucuan tersendiri.

  1. Nama lengkap

Bukan hanya dari penampakan dan juga pakaian saja. Nama lengkap Upin Ipin juga berbeda. Mungkin tidak terlalu banyak penonton Upin Ipin yang tahu kalau nama panjang Upin yaitu Arufin bin Abdul Salam. Sementara nama panjang Ipin yaitu Arifin bin Abdul Salam. Meski mirip, nama panjang keduanya berbeda sedikit.

Nama panjang Upin Ipin sendiri terungkap pada episode Bijak Sifir. Jadi ceritanya, si Upin menerima lembar ujian dari TK. Di lembar ini tercantum nama lengkapnya Upin tersebut. Kertas punya Ipin memang tidak ditunjukkan, tetapi mengingat mereka adalah saudara kembar, maka banyak yang mengungkapkan kalau nama panjang Ipin memiliki nama Ariffin.

Lalu dari nama Upin Ipin tersebut, kita juga bisa tahu nama ayah Upin dan Ipin yang sudah meninggal yaitu Abdul Salam. Selain nama panjang, kita juga perlu tahu seperti apa perbedaan kelahiran Upin Ipin mengingat mereka kakak beradik.

  1. Kakak Adik

Upin sering kali bertindak lebih tua dibandingkan dengan Ipin. Hal tersebut karena memang Upin lahir terlebih dulu lebih tepatnya 5 menit saja dari kelahiran Ipin. Oleh karena itu, Upin Ipin sebagai kembar yang identik, maka Upin memiliki peran sebagai seorang abang atau kakak.

Penonton juga bisa tahu hal tersebut karena biasa ditemukan ketika perkenalan diri saat awal dimulai serial kartun Upin Ipin ini. Biasanya Upin memperkenalkan dirinya dengan berkata “Hai, ..saya Upin, dan ini adek saya,.. Ipin”.

  1. Perbedaan Karakter

Walau keduanya kembar identik dengan sedikit perbedaan, sebenarnya perbedaan bisa dilihat dari karakter atau wataknya. Upin merasa dirinya menjadi kakak sehingga harus melindungi sekitarnya. Ipin juga lebih sering menuruti kata-kata dari kakak-kakanya yaitu Upin dan Kak Ros. Itu saja bahasan kali ini, semoga bermanfaat.

By sartika