Testing Covid-19 Turun, Ketua Satgas Minta Pemda Evaluasi Pelaksanaan 3T

Seperti yang diketahui bersama bahwa saat ini dunia sedang dilanda wabah pandemi virus corona penyebab Covid-19. Selain banyak merenggut jiwa, pandemi ini juga berdampak pada aktivitas manusia sehari-hari.

Banyak kegiatan masyarakat yang dihentikan sementara akibat pandemi ini, seperti sekolah, bekerja, tempat hiburan dan lain sebagainya.

Nah, dalam tulisan kali ini akan coba memberikan informasi seputar berita terbaru covid di Indonesia sebagai berikut :

1. Satgas : Kasus Covid-19 Turun Karena Testing Merosot Drastis

Wiku Adisasmito, selaku Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebutkan bahwa penambahan kasus positif Covid-19 minggguan menurun tajam pada pekan ini. 

Yang mana, pada pekan sebelumnya penambahan kasus Covid-19 mingguan mencapai 79.525. Angka ini merosot menjadi 59.629 kasus di minggu ini. 

Wiku juga menyebutkan, bahwa penurunan ini merupakan yang paling drastis selama pandemi.

“Penurunan penambahan kasus di minggu ini cukup besar dibandingkan minggu sebelumnya yaitu 25%. Penurunan ini adalah penurunan drastis yang pernah terjadi dalam kurun waktu satu minggu selama pandemi,” ujar Wiku dalam konferensi pers, Kamis (18/2/2021).

Menurutnya, ada beberapa hal yang menyebabkan penambahan angka positif mingguan menurun drastis, salah satunya adalah penurunan jumlah tes Covid-19. 

“Seperti yang kita ketahui di minggu ini terjadi penurunan yang cukup drastis, bahkan mematahkan rekor ketercapaian target WHO selama 5 minggu berturut-turut sejak minggu ke-2 Januari,” tambahnya. 

2. Warga Satu Dusun Sembunyi di Hutan Karena Takut Disuntik Covid-19

Karena alasan takut disuntik vaksin Covid-19, warga satu dusun di Kabupaten  Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memilih sembunyi di hutan. 

Selain karena takut dengan jarum suntik, ratusan warga Dusun II Batu Putih, Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola tersebut memilih bersembunyi akibat informasi hoaks terkait dampak vaksin. 

AKBP Agustinus Christmas, Kapolres Alor, mengatakan bahwa kejadian larinya warga dusun itu diketahui berawal dari Babinkamtibnas Aipda Dominggus Bole Dede yang datang ke desa tersebut. Menurut dia, para warga memilih bersembunyi di hutan karena panik dan ketakutan setelah membaca informasi hoaks terkait vaksin Covid-19. 

“Mereka sembunyi di hutan karena banyak membaca berita-berita di media sosial dan informasi lainnya sehingga mereka takut,” ujarnya, Jumat (19/2/2021). 

Kemudian Babinkamtibnas Aipda Dominggus yang datang ke desa tersebut menemui pengurus RT 05. Lalu mereka menemui warga yang sembunyi di hutan dan meluruskan informasi hoaks tersebut. Setelah mendapatkan penjelasan dari aparat, sebagian warga memililh kembali ke kampung, walaupun sebagai lagi masih bertahan tetap di hutan.

“Sebagian yang bertahan di hutan karena dekat dengan kebun yang akan panen. Jadi tidak terkait bersembunyi karena takut vaksin. Warga sudah paham dan siap vaksin,” ujarnya. 

3. Inilah Vitamin Untuk Meningaktkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Covid-19

Ada sejumlah vitamin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19. Anda bisa memperoleh vitamin C,D, K, atau seng (zinc) dari suplemen, makanan utuh, atau paparan sinar matahari. 

Berikut beberapa vitamin yang dapat dimanfaatkan guna meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19 antara lain :

  • Vitamin K

Selain bermanfat untuk kesehatan kardiovaskular, vitamin K juga ternyata bermanfaat untuk mengobati Covid-19. Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa pasien yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 memiliki kadar vitamin K yang rendah. 

  • Vitamin D

Selain untuk membantu memperkuat tulang, vitamin D juga dapat meningkatkan dayah tahan tubuh terhadap serangan Covid-19. Vitamin D ini diklaim dapat menurunkan infeksi Covid-19, rawat inap, dan kematian akibat virus corona.

By sartika