25 Nabi dan Rasul Lengkap Dalam Islam yang Wajib Diketahui!

Mukjizat Nabi Yusuf tentunya merupakan salah satu anugerah dari Allah SWT yang berbeda dengan mukjizat nabi-nabi lainNya. Nabi dari putra Nabi Yaqub AS ini memang diberi mukjizat oleh Allah SWT berupa kecerdasan dan wajah yang tampan.

Bukan hanya itu, bahkan Nabi Yusuf juga diberi kemampuan yang mampu menafsirkan mimpi. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai ayat-ayat Al Quran tentang mukijzat dan kisah Nabi Yusuf, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  • Ayat Al Quran Tentang Mimpi Nabi Yusuf

Kala itu Nabi Yusuf yang masih kecil mengalami mimpi, kemudian langsung diceritakan pada sang ayah (Nabi Yaqub AS. Kisah ini pun telah diabadikan dalam QS Yusuf ayat 4-6 yang artinya:

“(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, ‘Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku’. Dia (ayahnya) berkata, ‘Wahai anakku! Janganlah engkau ceritakan mimpimu kepada saudara-saudaramu, mereka akan membuat tipu daya (untuk membinasasakan)mu. Sungguh, setan itu musuh yang jelas bagi manusia’.

Dan demikianlah,Tuhamu sebagian dari takwil mimpi dan menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu (dengan menjadikanmu nabi) dan kepada keluarga Yaqub, sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada kedua orang kakekmu sebelum itu, (yaitu) Ibrahim dan Ishaq. Sungguh, Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

 

  • Arti Mimpi Nabi Yusuf

Setelah mengetahui mimpi Nabi Yusuf, sang ayah (Nabi Yaqub) dapat menafsirkan arti mimpi tersebut, yaitu sebelas bintang yang berarti saudara-saudaranya, matahari adalah ibunya, dan matahari adalah ayahnya.

Nabi Yaqub menyadari jika kondisi Nabi Yusuf akan berubah apabila mimpinya tersebut diceritakan kepada semua saudara-saudaranya. Seandainya diceritakan, hal itu dikakutkan akan membuat Nabi Yusuf dimuliakan secara berlebihan oleh anggota keluarga lainnya.

Tak butuh waktu lama, Nabii Yusuf pun langsung memahami dan menuruti apa yang disarankan oleh sang ayah.

 

  • Kisah Nabi Yusuf yang Dapat Menafsirkan Mimpi Raja Mesir

Arti mimpi Nabi Yusuf tadi benar-benar terbukti ketika beliau diangkat menjadi pejabat penting oleh seorang raja Mesir yang bernama Ar-Rayyan ibnul Walid. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Nabi Yusuf mampu menafsirkan mimpi yang telah di alami oleh sang raja Mesir. Sebagaimana disebutkan dalam QS. Yusuf ayat 43 yang artinya:

“Raja berkata (kepada orang-orang terkemuka dari kaumnya), ‘Sesungguhnya, aku bermimpi melihat tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan tujuh bulir yang kering. Hai orang-orang yang terkemuka, terangkanlah kepadaku tentang tabir mimpiku itu jika kamu dapat menabirkan mimpi.”

Namun, orang-orang terkemuka (para ahli tafsir mimpi) tadi sama sekali tidak mampu menafsirkan arti mimpi yang dialami oleh raja Mesir. Hingga akhirnya kisah tersebut dilanjutkan dalam QS. Yusuf ayat 47-49 yang artinya.

“Dia (Yusuf) berkata, ‘agar kamu bercocok tanam tujuh tahun (berturut-turut) sebagaimana biasa; kemudian apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan di tangkainya kecuali sedikit untuk kamu makan. Kemudian setelah itu akan datang tujuh (tahun) yang sangat sulit, yang menghabiskan apa yang kamu simpan untuk menghadapinya (tahun sulit), kecuali sedikit dari apa (bibit gandum) yang kamu simpan. Setelah itu akan datang, di mana manusia diberi hujan (dengan cukup) dan pada masa itu mereka memeras (anggur).

Demikianlah ulasan singkat mengenai mukjizat Nabi Yusuf beserta kisah singkatnya.

By Drajad