Sejarah Singkat Desain Grafis

Kalau dulu desain grafis masih menjadi bagian dari seni rupa, sekarang tidak. Desain grafis benar-benar terpisah dari seni rupa. Apalagi setelah munculnya istilah desain komunikasi visual karena semakin luasnya cakupan aplikasi desain grafis.

Penerapan perintis desain grafis di dunia industri dimulai di Inggris pada abad ke-19. Adalah Henry Cole, seorang seniman dan guru lokal, yang menyebarkan pandangan tentang penggabungan elemen artistik ke dalam dunia industri.

Inovasi ini semakin diperkuat dengan buku desain grafis terbitan komunitas Arts and Crafts dengan gambar yang eye catching. Publik Inggris menyambut baik inovasi baru ini, yang menunjukkan bahwa pandangan Henry Cole mulai menjadi kenyataan.

Akhirnya, desain grafis berkembang menjadi profesi yang populer. Hal ini sejalan dengan pemanfaatan media cetak sebagai sarana pengenalan produk dan informasi baru. Jadi aplikasinya berkembang dengan inovasi media elektronik dan digital.

Jenis Desain Grafis

Awalnya desain grafis hanya menggunakan media dua dimensi. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, desain grafis kini juga ditampilkan dengan dukungan tiga dimensi. Hal ini juga mempengaruhi klasifikasi desain grafis yang kemudian dibedakan berdasarkan aplikasinya.

1. Identifikasi proyek

Identifikasi adalah tentang fungsi desain grafis sebagai cara untuk memperkenalkan dan mengingatkan orang akan informasi. Umumnya diterapkan di dunia industri, mulai dari desain logo, materi promosi, profil perusahaan dan lain-lain.

2. Desain multimedia

Multimedia artinya desain grafis menggunakan berbagai jenis media, tergantung lokasinya. Film animasi, iklan TV, dan video adalah beberapa contoh desain multimedia yang paling umum.

3. Cetak / Desain cetak

Aplikasi desain grafis khusus untuk kebutuhan printing. Bisa dalam bentuk sampul buku dan tata letak isinya, majalah dan media cetak lainnya. Beberapa materi editorial masih menggunakan aplikasi cetak, seperti poster, spanduk, brosur, flyer, dan lain sebagainya.

4. Desain produk

Desain produk meliputi desain kemasan secara keseluruhan, baik bentuk maupun tampilannya. Paket ini termasuk kompartemen besar yang berisi serangkaian unit produk untuk didistribusikan. Juga merchandise atau barang promosi.

5. Desain digital

Perkembangan teknologi telah mencapai ranah digital yang identik dengan penggunaan internet. Maka kini kategori grafis mengalami peningkatan dengan desain antarmuka website, aplikasi dan game digital yang kesemuanya bersifat interaktif.

Teknologi digital juga telah memperkuat posisi desain grafis di dunia penerbitan. Profesi desainer semakin populer. Proses desain juga lebih mudah dilakukan karena tersedia program komputer khusus untuk membuat karya desain grafis.

Apakah kalian tau apa itu powerpoint? powerpoint adalah…. eitss selengkapnya bisa langsung kunjungi tautan tersebut, disana juga tersedia beberapa template ppt lucu untuk kamu.