Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman budaya dan keunikan, termasuk kategori makanannya. Setiap daerah memiliki jenis makanan tradisional yang berbeda. Makanan tradisional dari masing-masing daerah memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah nasi kuning.

Nasi ini merupakan makanan tradisional yang dikenal di beberapa daerah termasuk Cirebon. Makan ini biasanya merupakan hidangan pesta atau ucapan syukur sebagai ungkapan rasa syukur.

Filosofi nasi kuning

Nasi kuning itu warnanya sama dengan kuning. Warna kuning nasi ini berasal dari bahan alami yaitu kunyit sehingga aman dikonsumsi. Menurut masyarakat Jawa, warna kuning memiliki arti seperti emas yang melambangkan kekayaan. Dengan pesta perjamuan ini, masyarakat berharap karena kekayaan yang melimpah, mereka akan membawa banyak berkah kekayaan dan hidup sejahtera.

Warna kuning merupakan warna yang sakral dalam masyarakat Bali, sehingga banyak digunakan dalam upacara-upacara kuningan. Nasi kuning berbentuk kerucut ini dikenal dengan istilah tumpeng atau tumpengreis.

Sejarah

Nasi Kuning sudah ada di Jawa sejak berdirinya Kerajaan Hindu. Konon, makanan ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Agama Hindu percaya bahwa banyak dewa dan dewi hidup di daerah pegunungan. Ada banyak gunung di Pulau Jawa, baik vulkanik maupun bukan. Masyarakat kerajaan Hindu membuatnya dalam bentuk kerucut untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan berdoa kepada para dewa dan dewi untuk keselamatan.

Meski umat Islam berasal dari komunitas Hindu, mereka masih menggunakannya untuk acara syukuran hingga hari ini. Padi ini tetap lestari meski sudah tidak berkuasa lagi di masyarakat Hindu karena tradisi ini melekat.

Hidangan ini biasanya dicampur dengan berbagai lauk seperti telur, tempe kering, suwir bihun. Ada juga sayuran tambahan seperti ketimun, kacang panjang, kol, dan bahan tambahan lainnya seperti kacang tanah goreng dan sambal.

Di acara pernikahan, hari ulang tahun biasanya disajikan dengan nasi khas ini. Selain itu, warga Cirebon mengenalinya sebagai salah satu menu sarapan pagi.

Baca juga cara membuat nasi kuning pada tautan tersebut. Selain itu jika butuh mesin perontok padi bisa kunjungi juga tautannya.