Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross merupakan produk SUV dari Toyota. Toyota Corolla Cross pertama kali dirilis di Thailand pada 9 Juli 2020. Kemudian, pada 6 Agustus 2020, Toyota Corolla Cross memulai debutnya di pasar mobil Indonesia.

Untuk pasar Thailand sendiri, Toyota Corolla Cross memiliki empat varian berbeda yaitu Toyota Corolla Cross 1.8 Sport, Toyota Corolla Cross Hybrid Smart, Toyota Corolla Cross Hybrid Premium dan Toyota Corolla Cross Hybrid Premium Safety. Sementara itu, untuk pasar Indonesia,

Toyota Corolla Cross hanya menawarkan dua varian, varian 1.8 AT dan 1.8 Hybrid AT.

Toyota sendiri meluncurkan Toyota Corolla Cross melalui channel YouTube Toyota Indonesia. Meski diluncurkan melalui media digital di masa pandemi, ternyata reaksi penggemar mobil Indonesia sangat baik terhadap kemunculan Toyota Corolla Cross.

Eksterior

Desain Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross sendiri diproduksi menggunakan konsep desain Toyota New Global Architecture (TNGA). Desain ini mengusung tampilan sporty yang membuat tampilan Toyota Corolla Cross semakin menarik.

Dimensi Toyota Corolla Cross

Desain bodi Toyota Corolla Cross ini chic dan agresif karena lekukannya yang kokoh. Mengingat Toyota Corolla Cross bersaing di bidang SUV, tentunya hal ini sangat tepat.

Interior

Interior Toyota Corolla Cross mengadopsi bahasa desain yang menonjolkan kesan mewah dan fashion. Interiornya menggunakan kombinasi warna merah marun, hitam dan silver. Perpaduan ketiga warna tersebut memberikan kesan sporty pada interior Toyota Corolla Cross.

Karena diproduksi di platform TNGA, dashboard Toyota Corolla Cross terlihat lebih tinggi dari mobil kebanyakan. Pada bagian dashboard terdapat layar sentuh host dengan ukuran yang cukup besar. Material yang digunakan pada interior juga berkualitas tinggi untuk menjamin kenyamanan penumpang.

Banyak dari mereka yang membelikan asuransi mobil untuk Toyota Corolla Cross kesayangan mereka.

Untuk joknya sendiri, Toyota Corolla Cross dilengkapi dengan jok berlapis kulit yang tidak hanya terlihat mewah tapi juga nyaman. Posisi kursinya juga sangat fleksibel dan bisa diatur sesuai kebutuhan penumpang.

Tak hanya itu, lingkar kemudi yang disematkan pada Toyota Corolla Cross ini juga didesain dengan diameter yang sesuai agar pengemudi dapat menggenggamnya dengan nyaman. Kemudi juga memiliki fungsi tilt dan telescopic, sehingga dapat disesuaikan dengan postur tubuh pengemudi.

Fitur

Mengenai fungsinya sendiri, Toyota Corolla Cross memang memiliki fungsi yang cukup lengkap. Dari segi fungsi infotainment, SUV Toyota Corolla Cross dilengkapi dengan unit utama berukuran 9 inci. Tuan rumah sudah memiliki fungsi radio AM/FM, Bluetooth, Miracast, NFC, dan perintah suara.

Pada saat yang sama, dalam hal keselamatan aktif, Toyota Corolla Cross dilengkapi dengan sistem pengereman anti-lock, distribusi rem elektronik, dan sistem bantuan rem. Toyota tidak melupakan fungsi sensor parkir dan kamera tampak belakang. Tak hanya itu, Toyota Corolla Cross juga menyematkan sistem kontrol stabilitas kendaraan dan fungsi kontrol bantuan menanjak dan menurun.

Berbicara tentang fitur keselamatan pasif, Toyota Corolla Cross dilengkapi dengan dual front SRS airbags, side SRS airbags, Curtain Shield SRS airbags, SRS airbags lutut pengemudi dan sabuk pengaman 3 titik. Demi menjaga keselamatan penumpang anak, Toyota Corolla Cross tidak melupakan fungsi ISOFIX. Sedangkan untuk fitur keselamatan tambahan, Toyota Corolla Cross ini dilengkapi dengan sistem anti maling dan sistem anti maling mesin.

Mesin dan Performa

Sebagai jantung mekanis, Toyota Corolla Cross menggunakan mesin DOHC 4 silinder berkode 2ZR-FE dengan kapasitas mesin 1,8 liter. Kemudian mesin tersebut digunakan bersama dengan sistem transmisi CVT-i 7-percepatan dengan fungsi sequential shift dan shift lock.

Mesin Toyota Corolla Cross 1.8 AT mampu menghasilkan tenaga 138 HP pada 6.400 rpm dan torsi 171,6 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara itu, Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT dibekali mesin DOHC 4 silinder berkode 2ZR-FXE dengan kapasitas dan teknologi VVT-i yang sama. Transmisi dan sistem penggerak yang digunakan pada varian ini masih sama dengan Toyota Corolla Cross 1.8 AT.

Di atas kertas, mesin hybrid Toyota Corolla Cross ini mampu menghasilkan tenaga 96 HP pada 5.200 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.500 rpm. Memang tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin hybrid ini lebih kecil, namun varian ini lebih hemat bahan bakar dan lebih ramah lingkungan.

Kenyamanan Berkendara Toyota Corolla Cross

Baik itu mesin bensin atau mesin hybrid, Toyota Corolla Cross dilengkapi dengan suspensi yang dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik kepada konsumennya. Suspensi depan menggunakan MacPherson struts, dan suspensi belakang menggunakan torsion beam.

Toyota menggunakan kedua suspensi tersebut secara bersamaan karena dikatakan mampu menjaga keseimbangan maksimal saat mobil melaju di jalan lurus atau melengkung. Berkendara secara otonom akan lebih mulus dan memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang.

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Corolla Cross

Konsumsi bahan bakar rata-rata mesin bensin Toyota Corolla Cross adalah 15,4 km/l. Tingkat emisi karbon dioksida mesin adalah 150 g/km.

Pada saat yang sama, mesin hybrid Toyota Corolla Cross dapat menempuh rata-rata 23,3 kilometer dengan 1 liter bensin. Emisi karbon dioksidanya sendiri hanya 98 g/km.

Kesimpulan

Bagi konsumen yang ingin mengendarai mobil yang lebih ramah lingkungan, Toyota Corolla Cross mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Toyota Corolla Cross tidak hanya memiliki desain eksterior dan interior yang menawan, namun juga dilengkapi dengan beragam fungsi canggih dan performa mesin yang cukup baik.