Kemampuan untuk menghasilkan dan memproses perintah atau bahasa pemrograman untuk komputer atau peralatan serupa lainnya dikenal sebagai pemrograman. Banyak anggota generasi sekarang mempertimbangkan karir sebagai programmer. Tujuan mereka berkisar dari mencoba mendapatkan karier, hobi, minat, bakat, atau sekadar ingin tahu. Apa pun motivasi seseorang untuk ingin menjadi seorang programmer jalannya tidak hanya lambat, tetapi juga sangat panjang dan menuntut kesabaran. Bahkan jika seseorang yang berbakat mungkin dapat memahami bahasa pemrograman dengan cepat, untuk sepenuhnya menjelajahi dunia pemrograman, pelatihan dan dedikasi lebih lanjut juga diperlukan.

Ada banyak kursus pemrograman yang tersedia, yaitu lembaga kursus dengan fokus pada pengembangan peserta menjadi programmer yang kompeten. Bahasa pemrograman tertentu yang diajarkan dalam kursus programmer. Jenis kursus tertentu akan sering berkonsentrasi dan mengajarkan satu bahasa pemrograman secara menyeluruh. Peserta harus mahir dalam satu bahasa pemrograman, setelah itu mereka biasanya diberikan fasilitas dalam bentuk Sertifikat Kursus. Ada banyak jenis kursus pemrograman untuk seorang programmer atau yang biasa disebut sebagai kursus programming. Kita akan mencoba berbicara tentang beberapa jenis kursus pemrograman yang sekarang ditawarkan.

Kursus Online untuk programmer

Kursus pemrograman ini disampaikan secara offline atau di tempat, biasanya di ruang kelas. Kursus semacam ini biasanya dirancang sehingga peserta harus sesuai dengan jadwal kursus dengan jadwal kegiatan lain. Bentuk jadwal pertama adalah kursus reguler selama hari kerja dan jam kerja, tipe kedua adalah kursus di malam hari untuk peserta yang memiliki kegiatan lain di siang hari, dan tipe ketiga adalah kursus pada hari Sabtu atau minggu untuk peserta karyawan.

Manfaat dari pelatihan tatap muka adalah bahwa peserta dapat berbicara tatap muka dengan instruktur. Peserta dapat mengajukan pertanyaan langsung tentang apa pun yang tidak mereka mengerti. Sebaliknya, kelemahan dari kursus tatap muka termasuk biaya kursus yang tinggi dan waktu terjadwal akan dapat membuat kesulitan bagi peserta untuk mengatur waktu mereka.

Kursus Pemrograman Online

Teknik yang saat ini sangat diminati adalah mengambil kursus pemrograman online. Metode kursus pemrograman online ini telah menjadi sangat populer karena infrastruktur internet yang kuat dan perangkat keras komputer yang lebih maju. Biasanya, peserta kursus online berpartisipasi dalam konferensi video menggunakan Zoom atau Google Meetings. Secara Online, peserta dapat bertanya langsung kepada instruktur.

Fleksibilitas penjadwalan di kelas pemrograman Online memudahkan peserta untuk berkomitmen. Manfaat lain adalah karena penyedia kursus tidak perlu menyediakan ruang kelas dan kursus online biasanya lebih murah. Pemanfaatan online ini dipergunakan oleh beberapa kursus coding yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti kursus coding jogja, kursus coding jakarta, dan sebagainya.

By mirfan