Perkembangan teknologi di Indonesia tak luput dari tingginya potensi dan keuntungan yang dibawanya. Seperti halnya pembangkit listrik tenaga surya, yang mana memiliki banyak potensi positif saat diterapkan di negeri pertiwi. Hal ini pun bisa dilihat dari mulai banyaknya developer PLTS atap yang memberi tawaran menarik. Berikut adalah potensi PLTS sesuai yang disampaikan Sun Energy.

Potensi Menarik Dari Penggunaan PLTS Di Indonesia

1. Skala Penggunaan Untuk Berbagai Kebutuhan

Salah satu potensi yang menarik untuk dikenali adalah skala penggunaan dan minat pemasangan yang beragam. Sun Energy sendiri adalah salah satu developer yang sudah memiliki berbagai proyek lokal hingga internasional. Dari proyek tersebut dapat dilihat bahwa teknologi ini mulai ditemukan dengan berbagai skala kapasitas dan penggunaan.

Produk ini pun tak hanya tersedia untuk bangunan industri berdaya besar mencapai 2,5 MWp, namun bisa juga digunakan untuk kebutuhan bangunan komersial. Bangunan yang dimaksud mencakup ruko, apartemen, hingga pusat perbelanjaan. Skala solar panel yang lebih kecil pun tersedia, untuk kebutuhan hunian perumahan dengan kapasitas mulai dari 1 sampai 6 kWp. 

2. Menyediakan Listrik Cadangan Atau Tanpa Henti

Melihat kemampuan PLTS atap sebagai penyedia listrik cadangan, maka bisa dikatakan produk ini memiliki potensi untuk memberikan aliran listrik tanpa henti. Hal ini mungkin bisa menjadi solusi tambahan seperti genset sebagai sumber listrik cadangan saat terjadi pemadaman dari PLN. Alhasil, operasional penting seperti rumah sakit atau pabrik pun tak akan terhenti. 

3. Menyebarkan Listrik Ke Berbagai Bagian Penjuru Indonesia

Dengan sifat dari teknologi PLTS yang dapat berdiri sendiri, produk ini pun dapat menjadi cadangan sumber listrik di daerah terpencil Indonesia. Solusi ini tentu akan sangat mendukung elektrifikasi untuk daerah terdalam yang masih belum terjangkau listrik PLN. Sehingga, PLTS bisa menjadi asupan listrik di suatu daerah terdalam.

4. Mendukung Penggunaan Energi Baru Dan Terbarukan

Namanya saja pembangkit listrik dengan sumber tenaga surya, maka sumber energinya adalah terbarukan. Penggunaan teknologi ini pun akan membantu mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, mengurangi polusi udara, dan mendukung realisasi pembangkit listrik yang ramah lingkungan dengan jejak karbon rendah.

5. membantu penghematan biaya

Jika PLTS atap digunakan dengan baik, tentu efeknya adalah mengurangi biaya listrik bulanan. Hal ini pun bisa membantu memudahkan biaya operasional pada perusahaan, atau untuk hunian pribadi. Ditambah dengan tawaran biaya menarik DP 0% dari Sun Energy, maka potensi penggunaan PLTS pun akan semakin menguntungkan.

Jika Anda pertimbangkan dengan baik, penggunaan PLTS adalah salah satu upaya modern dan pintar untuk menyediakan listrik terbarukan. Sumber energi solar pun sangat banyak ditemukan di Indonesia, sehingga potensinya begitu besar di Indonesia. Ditambah dengan DP 0% dari Sun Energy, potensi penyebaran atau pun penggunaan PLTS pun akan semakin meningkat. 

By roket