Fenomena utang pinjaman online kian marak dengan bunga berlipat ganda. Sehingga wajib untuk memilih pinjaman online resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan agar terjamin. Simak juga perjanjian agar hutang online tidak menjebak Anda.

Sekilas Tentang Pinjaman Online Resmi dan Ilegal

Kebutuhan yang mendesak terkadang menjadi konflik yang singgah dalam hidup Anda. Muncul berbagai solusi yang menggiurkan, salah satunya pinjaman online resmi.

Bila dibandingkan ketika meminjam dana di bank, pinjaman online lebih memudahkan dalam proses pengajuannya. Dana juga bisa cair sehingga menjadi solusi yang tepat sasaran.

Kemudahan yang ditawarkan kadang membuat orang terlena. Oleh karena itu pemerintah melalui OJK akan mengawasi perusahaan pinjaman online. Selain itu, perusahaan pinjol yang resmi akan terdaftar di lembaga ini.

Belakangan ini, muncul banyak permasalahan berkaitan dengan pinjaman online yang tidak terdaftar. Penetapan bunga tinggi dengan mekanisme penagihan yang melanggar hukum.

Benarkah Utang Pinjaman Online Bisa Bertambah?

Kasus yang menarik, nasabah yang terjerat utang online tidak bisa mengembalikan uang yang sudah dipinjam. Bunga yang terlalu tinggi dan adanya ketidaksesuaian pencairan dana.

Jika menilik lebih lanjut, kemungkinan aplikasi atau platform yang melalui perusahaan fintech tidak terdaftar. Pada awalnya nasabah akan memperoleh kemudahan saat pengajuan utang karena tanpa adanya jaminan. Promosi di berbagai media turut berperan.

Cara-cara yang digunakan dan mekanisme saat nasabah tidak bisa membayar sesuai jatuh tempo yang menyebabkan permasalahan. Para penagih mulai melakukan teror ke nomor nasabah yang gagal membayar tersebut. Lalu, merembet ke kerabat dengan mengakses data dari ponsel nasabah.

Bunga tinggi dan waktu jatuh tempo yang sangat singkat menjadi penyebab mengapa jumlah utang terus menumpuk. Kejadian seperti ini terus meningkat dan sempat menjadi kabar hangat di beberapa media.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda memilih platform yang terdaftar di OJK karena akan menjamin kerahasiaan informasi pribadi Selain itu, Anda juga akan merasa tenang.

Memilih pinjaman online resmi sebaiknya menyesuaikan kebutuhan. OJK sebagai lembaga pengawas akan terus memperbarui regulasi yang sesuai dengan peraturan hukum terkait.

By skyweb