persiapan aqiqah anak

 

Untuk mempersiapkan aqiqah anak sebaiknya disiapkan jauh jauh hari dan dipikirkan dengan matang jangan sampai ada syarat syarat tertentu tertinggal tentunya akan mempengaruhi ke sah an dari aqiqah terrsbut, selain itu untuk menggelar acara juga harus dipikirkan dengan matang jangan sampai salah Persiapan hingga kamu keteterran nantinya.

 

Berrikut beberapa hal hal yang penting untuk kamu perhatikan sebelum menggelar aqiqah.

  1. Persiapan Aqiqah
  • Pemilihan kambing untuk hewan Aqiqah

Pemilihan kambing bisa dipilih berrdasakan jenis maupun ukuran, kamu juga dapat menyesuaikan dengan budget yang kamu siapkan. Janan lupa untuk hewan aqiqah anak laki laki sebanyak dua ekor sedangkan untuk anak perempuan hanya satu ekor saja.

 

  • Pilih Menu Makanan

Biasanya setiap diadakan acara aqiqah tentunya aka ada pembagian makanan untuk tetangga sekitar sebagai simbolis berbagi kebahagiaan, didalam berbagi makanan kamu dapat menyesuaikan sendiri untuk isi lauk pauk didalam box makanan tersebut.

Beberapa menu andalan atara lain: kering tempe,sate , urab , olahan mie , dan biasanya gulai kambing sebagai bintang utamanya.

Kamu juga dapat memesan Paket Aqiqah yang terpercaya agar lebih praktis.

 

  1. Persiapan Acara
  • Siapkan undangan

Kamu cukup mengundang orang orang terdekat saja, karena biasanya aqiqah hanya acara sederrhana dan sebentar saja, jadi lebih baik jika tidak mengundang terlalu banyak orang.

  • Pilih dekorasi

Pemilihan dekorasi dapat disesuaikan dengan gender anak , jika laki laki dapat menggunakan biru an jika perempuan kebanyakan menggunakan pink atau merah. Namun hal ini uga perlu diperhatikan ya, jika budget kamu minim lebih baik kamu tidak perlu menyea dekorasi ruangan untuk meminimalisir pengeluaran yang membengkak.

  • Susunan acara

Biasanya terdapat susunan acara didalamnya, kamu juga dapat mengundah tokoh agama untuk mengisi tausiyah agama ataupun dapat mengundang grup rebana untuk hiburan yang tetap agamis. Untuk meminimalisir budget kamu dapat mengundang ustadz maupun grup rebana setempat karena tentunya akan menghabiskan dana yang tidak terlalu banyak.

persiapan aqiqah anak

Susunan acara :

  1. pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al- Qur’an
  3. Sambutan orang tua dari anak yang di aqiqahi(tuan rumah)
  4. Do’a danshalawat pencukuran rambut bayi
  5. Makan Bersama
  6. Bagi bagi makanan untuk tetangga
  • Siapkan sedikit pidato

Untuk orang tua dari sang anak bdapat memberikan sedikit pidatonya, sekedar untuk mengucap syukur atas lahirnya si anak dan untuk mengucap terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah berkenan hadir.

 

  1. Persiapan sebelum acara
  • Rencanakan anggaran

Untuk dapat merencanakan anggaran dengan baik, maka ada baiknya kamu merencanakan detailnya dengan membuat jadwal penyelenggaraan aqiqah. Kamu bisa kok merencanakannya melalui hari perkiraan lahir bayi. Acara Aqiqah yang sesuai anjuran agama Islam, dianjurkan untuk dilaksanakan pada hari ke – 7, ke – 14 dan ke – 21 setelah kelahiran. Atau bisa juga di hari yang lain, selama si anak belum melewati masa baligh-nya.

  • Tentukan konsep acara

Kalau kamu pengen menyelenggarakan acara aqiqah yang terjangkau, sebaiknya kamu juga harus mikirin konsepnya. Karena konsep acara akan banyak berpengaruh pada anggaran biaya yang kamu keluarkan. Semakin sederhana konsep yang kamu usung untuk acara Aqiqah-mu, maka biaya yang dibutuhkan pun akan semakin sedikit.

  • Pilih jasa aqiqah

Tentuunya dizaman yang semkin modern ini orang orang lebih menyukai sesuatu yang praktis, jika memilih untuk menggunakan jasa aqiqah akan meembuat kamu lebih santai karena kamu hanya perlu melakukan transaksi memilih menu lalu menunggu paket aqiqah dan segala masakan tersedia.

  1. Pilihan baju seragam

Biasanya Ketika acara aqiqah keluarga besar maupun keluarga inti akan mengunakan baju kompak seragam denan warna warna tertentu. Belakangan menjadi tren adalah warna lavender dan yang masih serring menjadi incaran adalh warna dunker juga pink. Tak jarang juga menyesuaikan dengan jenis kelamin bayi. Baju seragam yang masih jadi incaran banyak orang adalah gamis brokat dengan model model lengan yang unik, ta jarang juga untuk keluarga laki laki menggunakan batik maupun baju muslim dengan warna senada untuk terlihat semakin elegan dan kompak. Menggunakan baju seragam juga dapat membuat keluarga kita terlihat lebih rukun loh.

Semoga tips diatasmembantu kamu untuk Menyusun acara aqiqah anak kamu ya!

 

 

 

By suyua