Seiring dengan perkembangan teknologi dan digital saat ini menjadikan banyak transaksi keuangan bisa berjalan lebih praktis. Salah satu metode pembayaran digital yang bisa dilakukan adalah Pembayaran Virtual Account. Apa itu Virtual Account dan apa saja bedanya dengan pembayaran melalui transfer biasanya, mari simak penjelasannya dibawah ini.

4 Perbedaan Virtual Account dan Transfer Biasa

1. Tidak membutuhkan nomer rekening

Seiring dengan perkembangan teknologi dan digital di masa ini akan menjadikan metode pembayaran dan transaksi keuangan menjadi lebih mudah. Banyak aplikasi digital yang bisa digunakan untuk memudahkan anda dalam melakukan pembelian dan pembayaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan Virtual Account.

Virtual Account merupakan nomor rekening buatan yang tidak nyata atau virtual. Dalam artian, nomro ini hanya bisa digunakan saat akan melakukan transaksi. Hal ini berbeda dengan nomor rekening bank pribadi yang tetap akan mempunyai satu nomor saja. Sehingga perbedaan paling dasar dari sistem Virtual Account ini adalah kepemilikan nomornya.

2. Dibuat untuk sekali transaksi

Perbedaan lainnya bila menggunakan Pembayaran Virtual Account dengan sistem transfer bank adalah fungsinya untuk transaksi. Bila menggunakan nomor rekening bank milik anda, maka transaksi keuangan bisa dilkukan berkali kali menggunakan nomor rekening yang sama. Hal ini memang membawa manfaatnya sendiri.

Namun bila menggunakan nomor Virtual Account seperti yang difasilitasi oleh aplikasi Duitku, pembayaran atau transaksi keuangan hanya bisa dilakukan sekali. Setelah selesai melakukan transaksi, maka nomor Virtual Account yang anda gunakan tersebut sudah tidak bisa digunakan kembali. Sehingga bila ingin melakukan transaksi lainnya maka harus mendapatkan nomor Virtual Account lainnya.

3. Tidak memerlukan konfirmasi pembayaran

Perbedaan lainnya dari Pembayaran Virtual Account dan metode transfer umumnya adalah tidak adanya konfirmasi saat melakukan pembayaran. Hal ini tentu berbeda dengan metode transfer dengan menggunakan rekening bank. Bila akan melakukan transfer akan membutuhkan konfirmasi yang akan dikirim ke nomor pribadi pengguna.

Bila menggunakan metode Virtual Account maka transaksi tidak memerlukan konfirmasi kepada penggunanya. Anda hanya perlu membayar sesuai dengan jumlah nominal yang tertera pada invoice tagihan. Tagihan tersebut kemudian akan dikirim langsung ke nomor Virtual Account milik Anda.

4. Nomor Virtual Account akan berbeda di tiap transaksi

Perbedaan lainnya dari Pembayaran Virtual Account dan metode lainnya adalah keamanannya. Hal ini dilihat dari nomor Virtual Account yang didapatkan sebelum transaksi merupakan nomor sekali pakai. Nomor tersebut tidak akan bisa digunakan kembali untuk transaksi lainnya. Selain itu, nomor tersebut akan mempunyau masa kadaluarsanya.

Itulah beberapa informasi penting tentang Virtual Account yang harus anda ketahui. Salah satu metode pembayaran transaksi yang disediakan oleh bank ini memang berbeda dengan transfer biasa. Namun kegunaan dan manfaatnya juga sama banyaknya. Informasi diatas akan membantu anda yang ingin mengetahui informasi tentang metode bayar satu ini.