Gimana cara kamu memelihara burung cinta ini biar rajin bekicau dan ngekek panjang, bugar serta bermental baja? Aerdapat  beberapa perawatan teratur yang teratur perlu dijalani, kali ini kami bakal memberi panduan perawatan lovebird biar burung kesayangan kalian jadi lebih fit, rutin berkicau dan juga yang bisa  menghasilkan performanya dengan optimal.

Memanglah tidak gampang seperti kelihatannya, memelihara  burung yang satu ini, seluruhnya menginginkan teknik serta kesabaran si pemiliknya. Dengan pola rawatan yang diberikan tiap harinya dengan tidak berubah-ubah sesuai sifat dari tiap masing-masing burung, tentu bakal memperoleh hasil yang memuaskah. Penasaran triknya kayak apa sih?

 

Cara Perawatan Lovebird

Dikutip dari halaman web cara budidaya, berikut ini cara perawatan lovebird harian agar menghasilkan burung lovebird yang rajin berkicau dan ngekek panjang.

 

Memandikan

Jangan menyepelehkan hal ini, lantaran kalau kalian tidak memberikannya bakal berakibat banyak permasalahan buat burung kicauan yang kalian rawat, selain itu memandikan juga bagus dari aspek kesehatan burung, serta lain-lain.

Mandikanlah burung dengan teratur dengan jadwal yang mesti  tidak berubah-ubah lantaran burung lovebird amat suka  bermain-main dengan air, dengan situasi  tubuh yang kerap  prima yang memiliki  energi tahan  tubuh  yang amat kuat, jarang  sekali terjangkit penyakit burung lovebird perlu dimandikan dengan cara sampai basah kuyup baik itu disemprot memakai spray ataupun yang telah terbiasa mandi di cepuk/keramba.

 

Membersihkan Kotoran Kandang

Selagi burung dimandikan, janganlah lalai buat senantiasa membersihkan kotoran yang terdapat di bagian dasarnya. Yakinkan tiap hari situasi si sangkar ini senantiasa fresh serta bersih, biar terlepas dari gangguan kutu burung maupun parasit yang ada yang mampu mengundang penyakit.

 

Penjemuran

Salah satu teknik merawat  lovebird biar senantiasa sehat ialah penjemuran. penjemuran yang bagus amat menentukan performa burung. Dalam penjemuran burung adalah  hal  yang harus kalian lakukan tiap hari serta bagusnya  sehabis burung itu dimandikan.

Akan tapi janganlah langsung menjemur dalam kondisi bulu burung sedang basah, dikhawatirkan bakal berefek merusak bulunya bakal pecah-pecah, tapi lebih bagus selagi  burung itu diangin-anginkan hingga  bulunya tampak separuh kering baru  silahkan burung dijemur. buat penjemuran yang kalian berikan perlu diselaraskan dengan karakter  masing-masing ya, ada  yang setengah jam, maupun satu jam malahan terdapat  pula  yang hingga 2 jam.

 

Kandang Lovebird

Kandang yang sesuai buat burung lovebird ini perlu dicermati, pastinya perlu kokoh serta dibuat dari ruji-ruji besi, serta jikalau kandangnya dibuat dari kayu , maka burung lovebird ini mampu menggigit  dan mematahkan ruji-ruji tiang dengan paruhnya sehingga  burung bisa kabur/lepas .

kurungan  / kandang yang direkomendasikan berbentuk bulat buat pemeliharaan harian dan kandang yang berupa kotak buat  sistem koloni / kalau ingin diternak.

 

Makanan  Burung Lovebird

Makanan yang cocok dan dapat diberikan untuk burung lovebird, adalah :

1. Biji milet putih ialah pakan pokok buat harian.

2. Biji kenari (Canary Seed) pakan ekstra yang amat bagus buat burung lovebird tersebut.

3. Biji juwawut buat pakan perkutut serta dapat dimakan  oleh burung lovebird.

4. Asinan tulang sotong pula amat bagus buat penguat daya  tahan  tubuh.

5. Sayur mayur semacam sawi putih/hijau, kangkung, toge dan lain-lain.

6. Jagung muda  manis.

Proses pemberian pakan burung lovebird :

Makanan  burung lovebird supaya  rajin berbunyi kayak yang sudah dijelaskan diatas, akan tetapi terdapat  tata cara dalam pemberian settingan dengan cara  memberikannya dengan cara variasi alias diselang bergantian yang diselaraskan dengan kegemarannya masing-masing.

Minuman yang disediakan  buat  burung ini, perlu rajin terpelihara kebersihan airnya biar burung mau  minum, lantaran apabila airnya kotor burung lovebird ini sulit dan malas  buat  meminumnya. buat ekstra vit di air minum cukup  1 minggu sekali saja.

 

Pemasteran

Burung ini pula  bisa  dimasteri tiap harinya dengan suara dasar burung yang menghasilkan suara ngekek panjang  dengan lama yang bertahap  dan juga anda dapat  pula  memberikan isian-isian burung  yang ada seperti suara burung lovebird, kenari, serindit, cucak jenggot biar bisa  menaikkan variasi  kicauannya biar tidak monoton.