Jurnal 2 kolom sangat penting untuk digunakan dalam berbagai bidang. Tidak hanya praktis, namun metode ini juga menawarkan berbagai manfaat.

Jurnal 2 kolom merupakan istilah yang sering digunakan pada dunia akademik ketika ingin mencatat laporan atau karya ilmiah lainnya. Namun, terkadang metode ini pun diterapkan pada dunia perusahaan terlebih yang berhubungan dengan akuntansi pencatatan keuangan. Mari kita bahas mengenai metode yang sangat berguna ini dan beberapa manfaat yang dimilikinya.

Pengertian Jurnal 2 Kolom

  1. Berthoff

Menurut ahli bernama Berthoff, jurnal 2 kolom adalah salah satu jenis jurnal atau catatan. Biasanya, jurnal ini terdiri atas dua kolom, yakni kolom bagian kanan dan kolom bagian kiri. Kolom bagian kanan adalah kolom yang dipakai untuk mengolah data dan biasanya juga memiliki julukan yang lain yakni cooking.

Kolom bagian kiri dipakai untuk menjabarkan konsep, inti dari bacaan yang sudah dibaca, dan juga ide. Penulisan ketiga hal tersebut dapat memakai kalimat, klausa, frasa, ataupun media gambar yang nantinya bisa merepresentasikan pemahaman yang didapatkan dari suatu bacaan.

  1. Daniels

Seorang ahli bernama Daniels pun turut menyatakan pendapatnya mengenai pengertian jurnal ini pada tahun 2007 pada salah satu buku yang sudah dia rilis. Jurnal ini sebenarnya merupakan terjemahan dari istilah bahasa Inggris yakni strategi double entry journals.

Strategi ini memiliki arti bahwa pembagian dua kolom yang dilakukan untuk menulis akan membantu menyaring dan menyusun informasi yang harus dimasukkan. Dengan begitu, proses analisis bisa berjalan dengan lebih lancar lagi dan pembaca yang ingin memahami bacaan pun tidak akan merasa kebingungan lagi.

  1. Siti Anisarahayu

Pengertian strategi double entry journals menurut Siti Anisarahayu adalah metode yang akan membantu seseorang untuk mengorganisasikan dan menganalisis informasi yang sudah diperoleh dari sumber pembelajaran ataupun media tertentu. Karena itulah, tidak mengherankan apabila strategi jurnal ini sering diterapkan di dunia pendidikan dan akademik.

Manfaat Metode Jurnal 2 Kolom

  • Mencari Kesalahan Penulisan

Manfaat yang pertama yakni bisa mempermudah penulis untuk mencari kesalahan dalam penulisan dalam karyanya. Hal ini tidak akan memakan waktu yang terlalu lama karena hanya perlu memperhatikan tulisan yang sudah ada di kolom.

  • Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Informasi

Dengan menulis jurnal pada dua kolom, hal ini akan mengasah kemampuan untuk menyampaikan informasi. Sebab, kita harus menuliskannya dalam kosakata yang singkat namun jelas serta tidak ambigu.

  • Menghasilkan Tulisan yang Sistematis

Metode ini juga akan membantu untuk menghasilkan tulisan yang lebih sistematis. Karena keberadaan dua kolom membuat tulisan menjadi lebih rapi dan mudah untuk dibaca oleh orang lain.

Itulah pengertian jurnal 2 kolom dan beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika menerapkannya. Bisa dibilang, metode ini menjadi penyelamat bagi para mahasiswa dan akuntan yang ada di perusahaan.