Ketika cuaca di luar terasa dingin, mandi menggunakan air hangat tentunya akan memberikan sebuah kenyamanan tersendiri bagi Anda. Tapi tahukah Anda bahwa mandi air hangat ternyata mempunyai banyak sekali manfaat selain untuk kesenangan saja belaka.

Menurut para ahli dari dermatologi, mandi menggunakan air hangat pada musim dingin dapat membantu Anda untuk menjaga kelembaban kulit serta memberikan berbagai banyak sekali manfaat lain termasuk untuk meredakan berbagai rasa sakit akibat osteoarthritis. Mandi menggunakan air hangat tentu juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental serta bisa membantu menyembuhkan sakit akibat kram otot.

Untuk dapat merasakan mandi menggunakan air hangat, salah satu solusi yang paling mudah dan tak perlu repot untuk merebus air terlebih dahulu yaitu dengan memasang water heater atau pemanas air di rumah. Di Indonesia sendiri terdapat 2 macam water heater yang paling banyak dipakai oleh masyarakat yaitu water heater instant dan water heater tangki. Perbedaan yang mendasar pada kedua macam water heater ini adalah water heater instant tidak memerlukan tangki seperti pada water heater lainnya. 

Apa Itu Instant Water Heater

Water heater merupakan sebuah alat yang didayagunakan sebagai keperluan untuk memanaskan ataupun untuk menghangatkan air. Teknologi mesin pemanas air ini pada mulanya hanya digunakan sebagai keperluan hotel atau penginapan saja. Namun sekarang sudah mulai banyak rumah-rumah masyarakat sekitar yang menggunakan teknologi water heater ini untuk kebutuhan mandi sehari-hari ketika berada dirumah. 

Instant Water Heater atau yang biasa dikenal juga dengan Tankless Water Heater merupakan sebuah mesin pemanas air yang tidak menggunakan tangki. Instant water heater menggunakan sistem pemanasan flow restrictor untuk mengurangi jumlah tekanan airnya.  Digunakan flow restrictor yang dipasang pada sistem pemanasan instant nya sehingga air mudah untuk dipanaskan secara perlahan pada saat melewati water heater. Instant water heater tidak mempunyai tangki pada sistemnya, water heater ini hanya menyediakan air panas yang sesuai dengan kebutuhan pemakainya tanpa perlu menampungnya terlebih dahulu.

Kelebihan Water Heater Instant

1. Bisa memasok aliran air panas secara terus-menerus

Bagi Anda yang mempunyai jumlah anggota keluarga yang lebih dari 3 orang, maka pilihan menggunakan water heater instant akan sangat pas untuk mencukupi kebutuhan keluarga Anda. Karena pemanas air instant ini mampu memberikan jumlah air panas yang tak terbatas, tidak seperti halnya dengan pemanas air yang menggunakan tangki yang hanya mampu memberikan jumlah air panas yang hanya tergantung dari volume tangki yang dibawanya.

2. Tingkat distribusi air panas yang lebih tinggi

Jika pemanas biasa mungkin hanya bisa untuk digunakan mandi oleh beberapa orang saja, namun tidak halnya dengan water heater instant ini. Dengan jumlah pasokan air yang tak terbatas, ini bisa saja memungkinkan terjadinya distribusi air yang bisa dipakai tidak hanya untuk mandi saja.

3. Model water heater instant cenderung lebih awet

Jenis water heater yang menggunakan tangki biasanya dijual dengan garansi waktu pemakaian berkisar antara 6 sampai 10 tahun. Sebaliknya, water heater instant umumnya akan diberi masa garansi antara 10 sampai 15 tahun, tidak jarang pula jika unit ini bisa bertahan sampai dengan 2 dekade atau 20 tahun.

4. Menyediakan air panas secara instan sehingga tak perlu menunggu

Water heater lain akan memproduksi air panas antara 2 sampai 3 menit dan akan membutuhkan waktu antara 20 sampai 30 menit untuk mengisi ulang. Berbeda dengan water heater instant yang bisa memberikan air panas secara efisien dan menghemat lebih banyak waktu.

5. Jauh lebih menghemat listrik meskipun membutuhkan daya yang lebih besar

Water heater instant memang lebih membutuhkan daya yang sangat besar, akan tetapi apabila dibandingkan dengan water heater biasa, ternyata water heater instant ini bisa membantu menghemat listrik antara 30% sampai dengan 50% setiap tahunnya. Karena water heater instant hanya akan menggunakan energi listrik ketika dibutuhkan saja.

6. Pasokan air yang lebih bersih

Meskipun tangki water heater saat ini sudah banyak yang dilengkapi dengan anti-karat sampai dengan anti-lumut atau bahkan anti-bakteri, namun dengan pemakaian yang terus menerus tentu akan menyebabkan tangki tersebut lama kelamaan akan mudah berkarat sehingga membuat air yang dialirkan jadi terkontaminasi.

7. Lebih hemat tempat atau ruangan

Selain karena instalasinya yang jauh lebih sederhana dan lebih mudah, water heater instant  juga hemat tempat tak memakan ruang. Karena ukurannya yang hanya berukuran seperlima dari unit sebuah water heater yang menggunakan tangki.

8. Harganya relatif lebih murah

Harga water heater instant relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan model water heater biasa, karena ukurannya yang lebih kecil dan bentuknya yang lebih simpel. Tidak sedikit dari merk water heater terkenal yang menjual produk water heater instant ini dengan harga dibawah Rp 1 juta.

Kekurangan Water Heater Instant 

1. Membutuhkan daya listrik yang lebih besar

Pada umumnya, sebuah water heater instant hanya membutuhkan daya sebesar 3000 watt saja atau bahkan lebih dengan voltase nya sekitar 220V/50Hz. Besarnya daya listrik yang dibutuhkan ini merupakan salah satu kelemahan dari water heater instant ini.

2. Temperatur air nya yang kadang tidak konsisten

Meskipun hal tersebut juga sangat bergantung pada beberapa aspek yang mempengaruhinya, namun tidak sedikit pula water heater instant yang temperatur suhunya cenderung tidak konsisten. 

3. Sulit untuk mendapatkan air dengan temperatur yang hangat (suam-suam kuku)

Kelemahan yang lain dari water heater instant ini yaitu produk ini seringkali kesulitan untuk memberikan air yang hangat suam-suam kuku.

4. Air panas tidak akan tersedia apabila listrik padam

Karena tidak mempunyai pasokan cadangan air panas, maka sudah pasti apabila listrik padam, maka pemanas air ini pun tidak bisa digunakan. Untuk Anda yang tinggal di daerah yang sering kali mengalami pemadaman listrik, penggunaan water heater jenis model ini sangat tidak dianjurkan.

Tips Merawat Water Heater Instant

1. Rawat Sesuai Spesifikasi Jenis Water Heater yang Anda Pilih

Setiap water heater mempunyai beragam jenis yang ikut menentukan perawatan apa saja yang akan dibutuhkan. Beberapa pilihan diantaranya yaitu seperti jenis water heater yang menggunakan listrik, gas sampai dengan solar, yang tentunya masing jenis water heater mempunyai cara perawatan dan pemakaian yang berbeda-beda.

2. Perhatikan dalam Penggunaannya 

Hal tersebut tentunya sangat terbukti mempengaruhi ketahanan dan keawetan usia water heater yang Anda miliki. Bersihkan bagian luarnya menggunakan lap pada bagian permukaan water heater, kemudian usap secara perlahan-lahan. Namun, khusus perawatan pada bagian dalam, Anda bisa meminta bantuan dari teknisi yang berpengalaman untuk hasil yang lebih maksimal dan sesuai.

3. Lakukan Pengecekan Secara Berkala Minimal 4 Bulan Sekali

  • Perhatikan Mengenai Safety Valve

Safety valve merupakan pengaman untuk tekanan berlebih pada tangki air yang harus Anda periksa secara berkala. Pengaman tekanan air ini mempunyai fungsi sebagai penjaga kestabilan dari suhu air yang akan dipanaskan. Apabila terjadi kerusakan, maka suhu air yang dipanaskan akan berakibat tidak terkendali. Jika pemeriksaan untuk safety valve dilakukan secara berkala, maka Anda bisa mencegah terjadinya penyumbatan sehingga suhu tangki tetap aman dan terjaga.

  • Rutin Memeriksa Kondisi Pipa

Jaga selalu kondisi aliran pipa air water heater ini supaya jangan sampai mengalami penyumbatan akibat sesuatu. Lalu, jangan lupa juga untuk memastikan bahwa air yang mengalir merupakan air yang bersih, bebas dari pasir, debu, dan berbagai partikel kecil lainnya. 

  • Jagalah Kebersihan dari Elemen Water Heater

Salah satu hal penting yang tidak perlu diabaikan yaitu menjaga semua kondisi kebersihan tangki, elemen, dan komponen water heater Anda. Pastikan semuanya sudah terbebas dari berbagai masalah contohnya seperti masalah karat agar elemen yang penting tidak akan mengalami korosi dan akan menghindarkan dari kebocoran. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan terhadap water heater Anda dirumah untuk menjaganya agar tetap awet dan tahan lama. Sekarang Anda juga semakin tahu tentang apa itu water heater instant beserta dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Demikian sedikit penjelasan yang akan menambah pengetahuan dan membantu Anda mengetahui tentang water heater instant.

Apakah Anda tertarik untuk memasang water heater dirumah Anda? Jika iya, maka Handal Water Heater merupakan pilihan yang tepat. Handal Water Heater tersedia berbagai tipe dan seri produk yang dapat menjadi pilihan bagi Anda.

By Drajad