Trogon, (kerabat Trogonidae), satu dari seputar 35 spesies burung yang biasa di wilayah hangat. Mereka sebagai keluarga Trogonidae dalam ordo Trogoniformes. Trogons mempunyai perut warna merah ceria ke kuning kontras dengan dada sisi atas dan gelap. Di Afrika dan Amerika, pria berwarna-warni di atas. Orang Asia kurang gloss tapi mempunyai sedikit sentuhan merah muda atau merah di kepala, dada, ekor, atau pantat. Antara spesies yang terpopuler dari keluarga trogon ialah quetzals (genus Pharomachrus). Simak Informasi Menarik Lainnya di Pleci.ID

Umumnya trogon mempunyai panjang 24 sampai 46 cm (9 1/2 sampai 18 inci), terkecuali quetzal yang cemerlang (atau Guatemala), disebutkan trogon cemerlang (Pharomachrus mocinno), yang panjangnya seputar 125 cm (50 inci). Ekor bertingkat, dari 12 bulu, dibawa tertutup (berbuntut persegi) dan umumnya mempunyai skema hitam-putih pada bagian bawah (sama dalam burung kukuk). Sayapnya membulat, kaki pendek, kaki kurang kuat. Antiknya, jemari kaki ke-2 (sisi dalam) terpasang ke belakang. Paruhnya pendek, meliuk, dan lebar, dengan bulu di dasarnya; pada banyak spesies bergerigi. Mata dilapis dengan kulit telanjang berwarna-warni.

mengenal-burung-quetzal

Trogon ada di Dunia Baru dari ujung barat daya Amerika Serikat dan Hindia Barat sampai Argentina; di semua sub-Sahara Afrika; dan dari India ke Malaya dan Filipina. Mereka paling berlimpah dan bermacam di wilayah tropis Amerika. Sejumlah besar spesies hidup di rimba daratan rendah yang panas, tapi beberapa diketemukan di pegunungan.

Trogons ialah sarang lubang: rongga alami di pohon bisa dipakai, tapi beberapa mengeruk ke kayu busuk atau ke sarang tawon atau rayap arboreal (mengonsumsi larva dan meremehkan sengatan). Dua sampai lima telur nyaris bundar dan warna kurang kuat atau putih. Inkubasi memerlukan waktu dua sampai tiga minggu, dan peningkatan terjadi dua sampai tiga 1/2 minggu kemudian. Pekerjaan orangtua dibagi sepenuhnya.

Quetzal, dari Meksiko selatan sampai Bolivia, ialah burung suci suku Maya dan Aztec kuno; ini hari ialah simbol nasional Guatemala (yang unit moneternya ialah quetzal). Bulu biru kehijauan panjang tutupi ekor burung, yang di bawahnya kelihatan putih, sedang terbang. Kepala, dengan jambul bundar seperti rambut, dan dada warna hijau keemasan, punggung biru dengan mantel keriting warna emas, perut merah.

By boring