Setiap orang pasti membawa pengalaman yang unik dan berbeda-beda. Mulai dari pengalaman yang menyenangkan, menyedihkan, memalukan, hingga pengalaman yang penuh perjuangan.

Berbagai segi pengalaman di dalam hidup sebetulnya punya kesan tersendiri bagi orang yang mengalaminya. Tidak jarang, pengalaman-pengalaman di dalam hidup termasuk mengimbuhkan pesan mendalam yang dapat menjadi pelajaran.

Dalam lingkup karya sastra, bermacam pengalaman dan runtutan moment selama hidup ini dapat menjadi sebuah karya postingan yang menarik untuk disimak. Tidak lain adalah yang kerap disebut dengan karya biografi percetakan buku. Berbeda dengan autobiografi yang ditulis sendiri oleh orang yang membawa pengalaman, biografi merupakan karya postingan yang ditulis oleh orang ketiga.

Dalam perihal ini, orang ketiga yang dimaksud adalah seorang penulis atau barang siapa yang bersedia menuangkan kisah perjalanan hidup seseorang yang menginspirasi ke di dalam sebuah tulisan. Jika Anda termasuk orang yang bahagia mendengarkan cerita dan menulisnya, pasti Anda dapat sebabkan sebuah karya biografi yang menarik.

Terdapat beberapa cara sebabkan biografi dengan baik dan menarik yang dapat Anda lakukan. Dalam perihal ini, Anda wajib memahami beberapa tahapan yang diperlukan. Selain itu, termasuk terkandung beberapa unsur penulisan yang wajib dipenuhi di dalam sebabkan karya biograf Berikut kita merangkum beberapa cara sebabkan biografi dengan baik dan menarik yang wajib Anda ketahui.

Mengenal Biografi

Sebelum memahami cara sebabkan biografi yang baik dan menarik, wajib dimengerti terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan biografi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa biografi adalah suatu karya sastra yang memuat pengalaman atau perjalanan hidup seseorang kemudian dituangkan ke di dalam tulisan. Tulisan biografi ini tidak ditulis oleh subyek atau orang yang membawa pengalaman tersebut, melainkan ditulis oleh orang ketiga.

Tulisan biografi ini dapat memuat bermacam macam aspek yang mengenai dengan subyek yang diceritakan. Mulai dari area lahir, pendidikan, minat, atau proses atau perjalanan subyek meraih kesuksesan. Biografi termasuk dapat mencatat hubungan dengan bagian keluarga, serta moment besar di masa kecil subjek dan bagaimana perihal itu merubah kehidupan mereka.

Sebuah biografi merinci bermacam pencapaian dan moment kehidupan orang nyata. Bukan semata-mata sajian fakta dan angka, biografi menjadi hidup dengan kisah-kisah hebat yang diceritakan dari awal, tengah, hingga akhir.

Tujuan Biografi

Setelah memahami pengertiannya, karya postingan biografi ini pasti membawa target tersendiri. Tujuan biografi tidak lain adalah untuk membagikan kehidupan orang lain kepada audiens.

Seorang penulis dapat pilih untuk menulis sebuah biografi karena mereka beranggap cerita subjek itu menarik atau punya tema yang berlaku untuk kehidupan kala ini. Cerita biografis dapat menjadi inspirasi, menyoroti pencapaian tokoh tertentu, menyatakan cara subjek mengatasi ada problem yang dapat mengimbuhkan motivasi kepada pembaca.

Mendapatkan Izin

Setelah memahami pengertian dan tujuannya, terkandung beberapa cara sebabkan biografi yang baik dan menarik yang dapat Anda praktikkan. Langkah pertama yang wajib ditunaikan adalah beroleh izin terlebih dahulu. Setelah Anda pilih subyek yang dapat diangkat ke di dalam biografi, mintalah izin terlebih dahulu kepada yang mengenai untuk menulis berkenaan kehidupannya.

Meskipun di dalam beberapa persoalan tidak diperlukan, layaknya saat menulis figur publik atau seseorang yang sudah meninggal. Namun dengan meminta izin, dapat membantu proses penulisan menjadi lebih mudah.

Jika tokoh yang diangkat bersedia, pasti dapat mengimbuhkan info dan information yang lebih detil kepada Anda. Sehingga banyak Info yang dapat didapatkan dan kemudian diolah ke di dalam tulisan.

Melakukan Riset

Cara sebabkan biografi yang baik dan menarik selanjutnya yakni lakukan riset. Dalam menulis sebuah karya biografi dibutuhkan riset yang baik dan menyeluruh. Ketika subyek yang diangkat adalah tokoh bersejarah, maka wajib disertakan periode kala yang memahami di dalam hidup mereka. Meskipun sederhana namun perihal ini terlampau perlu di dalam sebabkan postingan biografi yang runtut dan jelas.

Saat lakukan riset, Anda dapat gunakan sumber primer dan sekunder. Sumber primer adalah laporan segera dari yang didapatkan dari subyek dan condong menjadi sumber yang paling diandalkan. Ini dapat termasuk entri jurnal, email, wawancara, atau memoar.

Sumber utama termasuk dapat berwujud Info lain yang diberikan subyek, layaknya website website pribadi, biografi Twitter, akun media sosial, atau biografi profesional. Sedangkan sumber sekunder, adalah tambahan Info yang dapat didapatkan dari majalah atau documenter. Informasi ini dapat digunakan saat terbukti secara akurat.

Membuat Tesis

Cara sebabkan biografi cara selanjutnya yakni sebabkan tesis. Tesis merupakan paragraf atau bab pertama yang memuat hal-hal apa saja yang dapat pembaca dapatkan dari postingan biografi tersebut. Tesis termasuk memuat pengakuan berkenaan penulis, di mana biografi lainnya dapat mengimbuhkan Info yang relevan dan mendukung.

 

Membuat Garis Waktu

Cara sebabkan biografi dengan baik dan menarik termasuk wajib sebabkan garis waktu. Biografi biasanya menyusun pokok-pokok utama kehidupan seseorang di dalam alur kronologis.

Dengan begitu, Anda wajib memahami alur moment perlu dengan benar dan memahami sebelum akan menuangkannya ke di dalam tulisan. Hal ini dapat memudahkan Anda di dalam proses penulisan dan meminimalisir kesalahan.

Gunakan Kilas Balik

Cara sebabkan biografi selanjutnya yakni dapat gunakan kilas balik. Dalam perihal ini, Anda dapat gunakan alur kilas balik. Jeda saat tengah menceritakan pengalaman dewasa selanjutnya menceritakan sejenak sedikit pengalaman subyek saat masa kecil.

Menggunakan kilas balik amat mungkin penulis untuk memperkenalkan Info masa selanjutnya yang relevan kepada pembaca tanpa wajib sebabkan paragraph eksposisi latar belakang.

Sertakan Pemikiran Anda

Cara sebabkan biografi yang baik dan menarik paling akhir namun tidak kalah perlu yakni sertakan asumsi privat ke di dalam tulisan. Biografi bukan hanya sajian fakta dari pengalaman seseorang. Sehingga penulis biografi dapat berbagi perasaan dan pendapat mereka sendiri berkenaan kehidupan subjek.

Jika subjek lakukan suatu hal yang patut diperhatikan, penulis dapat memasukkan mengapa mereka terasa moment itu penting, bagaimana perihal itu terpengaruh oleh periode waktu, dan apa berarti bagi masyarakat secara keseluruhan. Ini termasuk menjadi keliru satu cara menarik untuk sebabkan pembaca betah ikuti postingan dari pertama hingga akhir.

By Drajad