ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. ASI memiliki manfaat yang sangat besar bagi perkembangan dan pertumbuhan bayi. Namun sayangnya, tidak banyak para ibu yang mengetahui bahwa ASI pertama yang dikeluarkan si Ibu pasca melahirkan tidak berwarna putih, melainkan kekuning-kuningan, yang disebut kolostrum. Jaman dahulu, para orangtua justru malah membuang kolostrum ini karena dianggap tidak baik untuk bayi, padahal justru kolostrum inilah yang sangat penting untuk asupan nutrisi pertama untuk si bayi. Untuk itu ibuhamil.info akan memberikan informasi tentang manfaat terbaik dari kolostrum.

Kolostrum itu sendiri merupakan air susu yang dikeluarkan oleh mamalia termasuk manusia sejak masa akhir kehamilannya hingga beberapa jam setelah melahirkan, sekitar 24-36 jam pasca persalinan. Koostrum kaya akan protein dan memiliki kandungan lemak yang rendah. Itulah mengapa kolostrum memiliki manfaat yang sangat banyak untuk bayi.

Dalam kolostrum ada sekitar 90 bahan bioaktif alami yang komponen utamanya dikelompokan menjadi dua yaitu untuk faktor pertumbuhan dan faktor imun. Dalam kolostrum juga mengandung berbagai antibodi yang sangat penting bagi kekebalan tubuh bayi.

Manfaat terbaik dari kolostrum:

Aman untuk pencernaan

Pencernaan bayi baru lahir masih belum berfungsi dengan baik atau sempurna. Kolostrum yang merupakan ASI pertama ini memiliki konsentrat berbagai nutrisi meski dalam jumlah yang sangat sedikit. Kolostrum memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi seperti protein dan vitamin, namun disisi lain kolostrum memiliki kandungan yang rendah lemak, karbohidrat serta potasium sehingga tidak memberatkan sistem pencernaan bayi yang masih lemah.

Melindungi usus bayi

Manfaat terbaik dari kolostrum lainnya untuk sistem pencernaan bayi yaitu dapat melindungi usus bayi saat mencerna makanan. Kolostrum membantu melindungi usus bayi dari kuman yang dapat masuk melalui aliran darah, sampai sistem kekebalan dalam tubunya sudah berfungsi dengan baik. Itu karena dalam kolostrum terkandung berbagai antibodi bernama immunoglobulin seperti IgG, Ig A, dan IgM.

Melindungi bayi dari berbagai penyakit

Dalam kolostrum, selain terkandung berbagai antibodi, juga terkandung sel darah putih dalam jumlah yang cukup tinggi. Sl darah putih itu berfungsi sebagai sistem pelindung atau kekebala dalam tubuh bayi dari berbagai bakteri dan virus dan mikroorganisme lainnya yang dapat membuat bayi sakit.

Membersihkan sisa metabolisme selama dalam kandungan

ASI pertama yang dikonsumsi oleh bayi bermanfaat untuk menuntaskan dan membersihkan sisa-sisa metabolisme dalam tubuh bayi selama ia berada dalam kandungan. Selain itu, manfaat terbaik dari kolostrum untuk memperbaiki dan meningkatkan serta merangsang pertumbuhan jaringan dalam tubuh.

Demikian bunda manfaat terbaik dari kolostrum. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bunda semua.