Manfaat Daun Pandan Yang Kerap Dilupakan – Siapa sih yang tak mengenal tanaman pandan. Pandan atau pandan wangi merupakan tanaman pendek yang kerap ditanam untuk dimanfaatkan bagian daunya.

Daun pandan kerap dimanfaatkan oleh manusia, baik itu untuk makanan, minuman hingga obat herbal.

Daun tanaman satu ini memiliki aroma yang wangi sehingga sering digunakan sebagai pengharum pada makanan, selain itu warnanya yang hijau pekat membuat pandan juga sering diperas daunya untuk dijadikan pewarna makanan hijau alami.

Daun tanaman satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan loh.

Para orang tua jaman dahulu sering menggunakan daun pandan untuk mengatasi nyeri sendi, mentabilkan tekanan darah, menurunkan panas demam hingga sebagai obat penambah nafsu makan. Namun dibalik beberapa manfaat diatas ternyata tanaman satu ini juga memiliki beberapa khasiat lainya yang jarang orang tahu.

Berikut beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan lainya :

1. Merawat Kesehatan Mulut

Kegunaan daun pandan ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Ya, daun pandan telah lama dipercaya untuk menjaga kesehatan mulut. Hal ini karena ekstrak pandan dapat menyegarkan aroma mulut, mengobati gusi yang radang, hingga gigi berlubang.

Biasanya, pengobatan alamiah dilakukan dengan cara tradisional dan masih perlu dilakukan penelitian sebagai pembuktian.

2. Menambah Nafsu Makan

Masalah nafsu makan bisa terjadi pada semua orang, terutama mereka yang memiliki masalah dengan indera penciuman. Tubuh kita membutuhkan nutrisi dan vitamin. Air rebusan pandan bisa menjadi bahan alami untuk meningkatkan nafsu makan. Air rebusan pandan bisa diminum dua kali sehari untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan nafsu makan.

Baca juga : manfaat daun jarak untuk kesehatan

3. Dapat Menjadi Obat Luka

Adanya kandungan asam tanat pada daun pandan diketahui mampu mendinginkan luka bakar ringan dengan cepat, contohnya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih.

Untuk menggunakan daun tanaman pandan sebagai obat luka bakar, kamu cukup dengan mengeringkan dan menghaluskan daun pandan hingga menjadi serbuk, lalu kemudian menaburkannya pada kulit.

4. Mengatur Tekanan Darah

Hipertensi merupakan masalah kesehatan dimana tekanan darah tidak dalam batas normal standar. Apabila tidak segera diatasi, maka hipertensi dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis, seperti jantung dan stroke.

Salah satu cara yang efektif mengatasi penyakit hipertensi ialah mengonsumsi air rebusan daun pandan. Cara mendapatkan manfaatnya cukup mudah, minum air rebusan daun pandan secara rutin sebanyak 2-3 gelas dapat berfungsi menurunkan tekanan darah.

5. Mencegah Diabetes

Manfaat mengkonsumsi air rebusan daun pandan ternyata tidak kalah pentingnya loh, terutama guna mengatasi diabetes.

Penyakit yang kerap disebut kencing manis ini adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh kelebihan kadar gula atau glukosa darah. Penyakit diabetes jika tidak segera disembuhka maka bisa menimbulkan komplikasi hingga menyebabkan kematian.

Nah, salah satu cara paling mudah mencegah diabetes ialah mengonsumsi air rebusan daun pandan. Hal ini di karenakan ekstrak yang terdapat pada daun pandan berperan penting dalam meningkatkan produksi hormon insulin dari sel pankreas, sehigga mampu beerguna secara efektif mencegah penyakit diabetes.

Sc : https://www.healty99.com

By laurel