Manfaat belimbing wuluh biasanya hanya sebagai bahan untuk meredakan beberapa gejala penyakit.  Namun siapa sangka buah yang berbentuk bintang ini merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan kecantikan wajah yang alami.

Belimbing wuluh atau dalam bahasa latin Averhoa carambola L merupakan buah yang memiliki sedikit penggemar atau lebih sedikit penggemar dibandingkan buah lainnya.  Padahal, rasa buah belimbing ini manis dan memiliki kandungan serat yang tinggi, buah ini bisa dengan mudah didapatkan sebagai bahan campuran dalam pembuatan salad.

Belimbing wuluh merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin yang tinggi terutama vitamin C, dan juga mineral yang penting untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Selain itu, ternyata masih banyak manfaat lain dalam belimbing wuluh.  Dan berikut ini beberapa manfaat lain dari buah belimbing.  Lantas, apa saja manfaat buah belimbing?

Sebut salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.  Buah belimbing pada dasarnya mengandung pektin, yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Belimbing atau belimbing adalah buah yang bentuknya unik.  Belimbing manis ini memiliki rasa yang unik dengan kandungan air yang banyak.  Banyak orang menyukai buah ini karena teksturnya yang tidak terlalu keras.  Tidak hanya itu, belimbing wuluh juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.  Beberapa khasiat dan manfaat buah belimbing wuluh ini, semua orang bisa menggunakannya

Belimbing wuluh memiliki warna kuning pekat yang membuat tubuh terasa lebih segar.  Oleh karena itu, bagi orang yang kering, sangat cocok untuk memakan buah ini.  Di Indonesia, belimbing wuluh ini banyak tumbuh.  Sehingga ketika musimnya tiba, kita bisa dengan mudah mendapatkan buah ini.  Namun sebagian orang mungkin belum mengetahui kandungan gizi dari buah belimbing yang tidak biasa ini.

Perlu Anda ketahui, belimbing wuluh mengandung berbagai zat alami yang penting bagi tubuh.  Diantara zat-zat tersebut, belimbing wuluh dapat digunakan untuk menjaga kesehatan.  Kandungan nutrisinya dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh.  Jadi ketika seseorang mendapatkan pola makan yang tepat termasuk nutrisi dalam buah belimbing ini menjadi sehat.  Untuk itu simak penjelasan beberapa manfaat dan khasiat belimbing wuluh berikut ini.

Selain kaya akan serat dan vitamin, belimbing wuluh dikenal rendah kalori.  Terdapat 30 kalori dan 5 gram karbohidrat dalam satu buah belimbing ukuran sedang.

Belimbing wuluh diketahui mengandung senyawa yang sangat baik antara lain quercetin, asam galat dan epicatechin. 

Meremajakan kulit wajah

Belimbing wuluh dapat membuat kulit tampak lebih muda.  Karena kandungan vitamin A dan vitamin C dalam belimbing wuluh mencegah tanda-tanda penuaan di usia muda.  Yang mana tanda-tanda penuaan tersebut adalah kerutan kulit, kerutan wajah, flek hitam dan masih banyak lagi tanda penuaan lainnya. 

Beberapa manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan kecantikan didukung oleh kandungan nutrisi dan vitamin alaminya.  Mengetahui beberapa manfaat buah belimbing wuluh di atas, Anda bisa dengan mudah memilih langkah alternatif dalam dunia kecantikan atau kesehatan. 

Menambahkan Kekebalan Tubuh

Mungkin banyak yang belum tahu apakah belimbing bisa meningkatkan daya tahan tubuh.  Buah ini banyak mengandung vitamin C untuk memperkuat sistem imun dalam tubuh.  Selain itu kandungan airnya yang sangat tinggi dapat membantu tubuh untuk mengganti ion yang hilang setelah beraktivitas sepanjang hari.

Cairan tubuh yang hilang dapat digantikan oleh sistem kekebalan tubuh dengan vitamin dan air dalam buah belimbing.  Hal ini karena buah belimbing mengandung banyak senyawa baik yang bermanfaat bagi kesehatan kita.

Oleh karena itu, buah belimbing berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan berat badan

Manfaat jus belimbing yang pertama adalah menurunkan berat badan secara alami.  Hal ini dikarenakan buah belimbing sangat rendah kalori.

Satu buah hanya mengandung 36 kalori.  Selain itu, belimbing wuluh memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk membuat Anda tetap merasa kenyang.

Penurunan tekanan darah tinggi

Salah satu manfaat jus belimbing wuluh adalah membantu menyeimbangkan tekanan darah, terutama tekanan darah tinggi.

Kandungan kalsium dalam belimbing dapat meredakan stres pada pembuluh darah dan arteri.  Jika ketegangan di pembuluh darah bisa direlaksasi, sirkulasi darah bisa lebih efektif.

Sumber : goes2healthy