Langkah Dasar untuk Pembuatan Website

Cara membuat website sangatlah mudah. Anda bahkan nisa membuat website tanpa harus mengerti dan paham mengenai bahasa pemrograman. Namun, sebelum itu Anda harus paham mengenai website apa yang ingin Anda buat. Kemudian, Anda bisa membuat website dengan menggunakan Instant Deploy berbasis CMS.

Cara Mudah Membuat Website

Website merupakan salah satu hal yang cukup penting, terlebih untuk menarik customer untuk berkunjung. Perlu Anda ketahui juga, bahwa portofolio website sangatlah diperlukan untuk personal branding. Nah, untuk Anda yang ingin membuat website dengan mudah, simak saja penjelasan lengkapnya berikut ini, terlebih untuk pemula.

Menentukan Tujuan dan Jenis  Website

Saat ini, ada banyak sekali jenis website, mulai dari blog, portal media, forum online, marketplace, dan masih banyak lagi lainnya. Nah, bagi Anda yang ingin membuat website, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis website. Ada beberapa jenis website yang bisa Anda pilih, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Website Toko Online
  • Website Perusahaan
  • Website Pribadi
  • Website Pemerintahan
  • Forum Online
  • Portal Berita
  • Blog atau Content

Siapkan Domain dan Hosting

Setelah Anda menentukan tujuan dan jenis websitenya, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan domain dan hosting. Domain merupakan alamat yang akan mengarahkan para penonton untuk mengunjungi situs Anda. Jadi, sangat disarankan untuk mencari nama hang mudah untuk diingat, mudah dieja, dan mudah dipahami.

Selain itu, ada juga beberapa jenis web hosting yang perlu Anda perhatikan dan pilih sesesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa jenis web hosting yang perlu Anda ketahui.

  • Shared hosting merupakan web hosting yang bisa Anda gunakan secara bersamaan.
  • Cloud hsoting merupakan kombinasi dari teknologi virtual server. Dimana Anda akan mendapatkan alamat IP yang dedicated. Selain itu, resource juga bisa Anda gunakan secara pribadi. Tidak hanya itu, cloud hosting ini juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan sertifikat SSL yang berlaku seumur hidup dengan integrasi CloudFlare.
  • Virtual Pruvate Server atau VPS ini memiliki dedicated IP, sistem yang bisa direstorasi, kemampuan dalam mengendalikan dan mengelola data terkait environment.

Pilih Platform Webiste

Ada banyak sekali platform website yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah WordPress. Hal ini dikarenakan pengaturan dan tampilan yang cukup mudah dibuat dengan menggunakan WordPress. Jika sudah, maka Anda tinggal membuat kontennya saja.

Bagi Anda yang mungkin tidak memiliki kemampuan lebih dalam memahami dan mengaplikasikan bahasa pemrograman dalam pembuatan website, maka bisa menggunakan jas pembuatan website Batam. Anda bisa mempercayakan pembuatan website ini pada I-Development yang merupakan jasa pembuatan website profesional.

By arief