Sudah bayar paket data internet dengan pulsa mahal-mahal, tapi layanan yang diberikan tidak sesuai harapan dan Cara mengecek kuota Telkomsel? Katanya kecepatan internet bisa sampai belasan Mbps. Tapi cuma dipakai browsing media sosial saja kok lemot hingga tidak ada gambar atau video yang muncul.

Pernahkah Anda merasakan masalah tersebut saat sedang asyik bersantai dan menjelajah dunia maya di smartphone? Hal tersebut tentu akan membuat siapa saja merasa jengkel dan frustasi, hingga secara otomatis langsung menyalahkan layanan operator selulernya. Padahal, akar masalah lemotnya koneksi internet dari paket data belum tentu berasal dari buruknya kualitas jaringan dari operator selulernya.

Nyatanya, masalah koneksi internet yang lemot pada paket data bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Tidak melulu kesalahan dari operator selulernya, lambatnya koneksi internet paket data bisa disebabkan karena gangguan pada perangkat atau faktor eksternal lainnya.

Sebagai contoh, bisa jadi smartphone Anda tengah bermasalah dan mengalami jaringan macet. Meski mengajukan komplain ke customer service operator seluler berulang kali, masalah lemotnya koneksi internet tidak akan teratasi. Nah, sebelum malu duluan karena salah komplain, coba atasi dulu masalah koneksi internet paket data yang lemot pakai 7 cara ini. dari koinx.id

1. Coba Restart Smartphone
Solusi pertama untuk mengatasi masalah koneksi internet lemot pada paket data sangatlah sederhana, yaitu dengan merestart smartphone. Percaya atau tidak, smartphone yang jarang dimatikan atau direstart dalam jangka waktu yang lama dapat memicu berbagai gangguan dan error, termasuk melambatnya koneksi internet. Jadi, sebagai jalan keluar pertama, tidak ada salahnya untuk mencoba cara simpel ini untuk mengatasi lemotnya koneksi internet pada paket data.

2. Cek Koneksi Internet di Lokasi Lain
Berada di lokasi yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab mengapa jaringan internet paket data tidak seperti biasanya. Selain mungkin karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung, seperti sinyal seluler terhalang tembok atau plafon tebal, layanan beberapa operator seluler juga bisa jadi belum menjangkau lokasi Anda. Untuk mengatasinya, coba untuk berpindah ke lokasi yang lebih terbuka atau mencari tahu jangkauan layanan operator seluler di lokasi Anda berada.

Misalnya Anda menggunakan paket internet XL atau Telkomsel. Di wilayah berbeda mungkin koneksi yang satu bisa lebih bagus dibandingkan dengan yang satunya. Jadi pastikan cek dulu kondisinya di tempat lain ya.

3. Periksa Aplikasi yang Banyak Menyedot Koneksi Internet
Tak jarang masalah koneksi internet yang lambat disebabkan karena konsumsi kuota besar-besaran oleh aplikasi lain. Misalnya, Anda akan kesulitan mengakses aplikasi media sosial saat sedang mengunduh file atau mengupdate aplikasi dengan ukuran yang besar. Oleh karena itu, cek adakah aplikasi yang banyak menyedot koneksi internet di smartphone dan bila perlu matikan fitur update aplikasi otomatis agar pengalaman bermain internet Anda tidak terganggu.

4. Matikan Fitur VPN
Tak sedikit pengguna smartphone yang memanfaatkan fitur VPN ketika menjelajah dunia maya. Baik melalui aplikasi ataupun fitur yang disediakan oleh aplikasi browser, pemakaian VPN ini ternyata dapat memperlambat koneksi internet secara signifikan, loh!

Penyebabnya tidak lain karena sistem kerja dari VPN itu sendiri yang mengantarkan data terlebih dahulu ke lokasi lain ketimbang langsung menuju situs yang sedang Anda akses. Jadi, jika memang sedang menggunakan VPN, coba matikan terlebih dahulu agar koneksi internet yang Anda terima lebih maksimal.

5. Kemungkinan Masalah pada Server Aplikasi atau Situs
Anda pasti pernah melihat tagar Youtube Down atau Facebook Down di media sosial. Ya, meski jarang terjadi, bukan tidak mungkin situs atau aplikasi yang ingin Anda kunjungi sedang mengalami gangguan sehingga lebih sulit untuk bisa diakses.

By Deric