Ketahui Berbagai Model Potongan Berlian Solitaire

Cincin berlian dijadikan cincin pernikahan dan pertunangan sepasang kekasih karena makna yang terkandung di dalamnya. Berlian melambangkan keabadian dan kesetiaan. Salah satu cincin yang dipilih adalah model cincin berlian solitaire terbaru

Ketahui Berbagai Model Potongan Berlian Solitaire

Ternyata, potongan berlian dalam sebuah cincin ada beberapa model. Meski demikian, potongan round paling banyak dipilih karena dianggap sebagai potongan yang sempurna. Bentuk berlian selain bundar disebut fancy shaped diamonds.

Selain carat, semua model potongan berlian akan menentukan harga dan nilainya. Yang jelas, masing-masing potongan memiliki pesonanya tersendiri.

Model Potongan Berlian Dalam Cincin

  • Round cut
    Jenis potongan ini termasuk yang paling populer. Pasalnya, berlian round cut akan menghasilkan pantulan kilauan paling bercahaya daripada bentuk lainnya.

  • Princess cut

  • Model cincin berlian solitaire terbaru dengan jenis potongan satu ini cocok untuk kamu yang mencari gaya kontemporer. Bentuk potongan princess seperti persegi atau persegi panjang. Kilauannya pun sangat cantik.

    Meski begitu, keempat sudut princess cut ini mudah pecah. Untuk itu, biasanya akan dipasang prong sebagai pelindung.

  • Emerald cut
    Potongan berlian emerald ini akan membawa kesan yang abadi dan sangat elegan. Emerald cut berbentuk persegi panjang.

    Potongannya berupa garis yang ramping memanjang dengan permukaan datar yang lebar di bagian atasnya menampilkan kesan berundak. Kejernihan sangat terlihat pada potongan ini dibandingkan potongan lainnya.

  • Asscher cut
    Potongan berlian digambarkan sebagai zamrud (emerald) tetapi berbentuk persegi yang sangat identik dengan fashion style dari tahun 1920 sampai 1930-an.

  • Marquise cut
    Bentuk ini meruncing di 2 bagian sudutnya, memanjang, dan terlihat ramping dengan sisi menggembung di bagian tengahnya. Cocok sebagai permata pada cincin.

    Dengan carat yang sama, potongan marquise akan terlihat lebih besar dibandingkan potongan round. Ujung yang lancip juga dipasang pelindung prong agar tidak mudah pecah.

  • Radiant cut
    Model cincin berlian solitaire terbaru dengan potongan radiant termasuk langka dan unik. Bentuk ini mirip princess cut. Keempat sudut yang dipangkas merupakan ciri dari radiant cut. Pada bagian itu, sangat terlihat kilau cahayanya.

  • Oval cut
    Bentuk oval juga sering diaplikasikan pada cincin. Ini karena ilusi yang dihasilkan. Tangan si pemakai cincin seolah-olah terlihat lebih ramping dan panjang.

  • Pear cut
    Jika kamu pernah melihat tetesan air, bentuk pear cut sama seperti itu. Bisa digambarkan ujung satu membulat dan lainnya meruncing.

  • Heart cut
    Dari namanya saja kamu sudah tahu jika potongan ini berbentuk hati. Bentuk ini sedikit sulit dibuat karena kedua belah potongan hati harus simetris dan identik.

  • Cushion cut
    Cushion cut mirip dengan asscher cut yang klasik dan telah ada sejak lama. Keempat sudut dibuat membulat seperti bantal. Sebelum bentuk bundar populer, cushion cut sudah banyak digandrungi terlebih dahulu pada zamannya.

Bagi kalian yang sedang bingung mencari model cincin berlian solitaire terbaru bisa cari di Adelle Jewellery. Tentunya, kamu dapat membeli sesuai kemauan dan kemampuan bujet yang ada.