Inilah Acara Penting Dieng Culture Festival yang Selalu Bikin Penasaran

Ajang tahunan atau event budaya yang cuma diselenggarakan setahun sekali emang selalu bikin penasaran yes. Seperti Dieng Culture Festival yang hampir selalu bikin penasaran, sehingga acara festival budaya ini selalu dikunjungi oleh ratusan orang.

Festival seni dan budaya yang satu ini, sungguh sangat menarik perhatian banyak orang. Penyebabnya adalah daya tarik yang dipunyai oleh festival seni budaya tersebut. Apalagi anak-anak muda yang bakal nyesel abis kalau nggak datang ke acara festival seni budaya ini.

Sejarah Diselenggarakannya Dieng Culture Festival Setiap Tahun

Nah, sebelum kita ngebahas acara Dieng Festival ini secara lengkap sebaiknya kita bahas dulu sejarah Dieng Culture Festival yang seru ini. Jadi, untuk pertama kalinya DFC ini adalah ide dari suatu organisasi/kelompok, yang sangat sadar wisata dieng pandawa.

Selain itu, awal dari tujuan diadakannya festival budaya ini adalah untuk menggabungkan saja antara kebudayaan dengan daya tarik di bidang wisata. Ditambah dengan pemberdayaan khusus untuk masyarakat sekitar yang ingin meningkatkan pendapatan ekonomi mereka.

Akhirnya, di tahun 2010 lalu Dieng Festival pun diselenggarakan untuk pertama kalinya. Acara tersebut bisa terselenggara atas kerja sama dari beberapa pihak penting yaitu Pokdarwis Dieng Pandawa, Equator Sinergi Indonesia, serta Dieng Ecotourism.

Ternyata, acara yang baru pertama kali diselenggarakan tahun 2010 itu sukses besar. Itulah sebabnya, acara ini terus diadakan dari tahun ke tahun karena kesuksesannya.

Sebenarnya sih acara festival besar-besaran di kawasan Dieng ini bukan pertama kalinya diselenggarakan. Sebelum acara ini, ada juga acara lain yang pernah sukses yang dinamakan Pekan Budaya Dieng. Acara itu juga emang sengaja diadain untuk menarik wisatawan ke kawasan Dieng.

Tiga Acara Penting yang Ada di Festival Budaya Dieng

Salah satu pertanyaan yang sering muncul, mengapa dieng culture festival menjadi daya tarik masyarakat? Nah, jawabannya sederhana saja kok. Tentu karena Dieng Festival ini punya acara-acara penting yang menarik yang mampu bikin pengunjung penasaran.

Acara penting apa aja sih itu? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Jazz Atas Awan

Acara yang utama di Dieng Festival ini disebut dengan Jazz Atas Awan. Mengapa judulnya harus atas awan? Ya seolah-olah kawasan Dieng itu emang ada di atas awan. Kemudian di acara itu, akan tampil beberapa band atau penyanyi jazz ternama yang memainkan lagu-lagu genre jazz.

Acara inilah yang paling ditunggu pengunjung setiap tahunnya, yang ingin datang ke acara Dieng Festival tersebut.

2. Festival Lampion

Acara yang gak kalah famousnya dari Dieng Festival ini adalah Festival Lampion. Acara ini juga seru banget loh. Jadi, Kamu akan melihat banyak sekali lampion yang dinyalakan lalu diterbangkan di acara ini. Sayangnya, acara ini akan ditiadakan karena mengundang kontroversi.

Festival Lampion ini terakhir dilaksanakan di dieng culture festival 2019, jadi di tahun 2020 sudah ditiadakan.

3. Ruwatan

Sesuai dengan nama acaranya, di Dieng Festival ini juga ada yang namanya festival budaya atau hal-hal yang berkaitan dengan budaya. Salah satunya yaitu Ruwatan, yang menjadi tradisi kebudayaan yang sering dilakukan oleh masyarakat setempat.

Acaranya yaitu pemotongan rambut gimbal untuk anak-anak Dieng, dengan tujuan untuk mensucikan anak-anak itu dan melestarikan tradisi adat masyarakat asli Dieng. Tujuan lainnya adalah buat buang sial, marabahaya dan malapetaka yang mungkin terjadi pada mereka.

Tips Datang ke Festival Kebudayaan Dieng

Jadi, buat Kamu yang tertarik untuk datang ke acara festival ini, sebaiknya simak beberapa tips berikut:

1. Penginapan

Acara festival kebudayaan ini tentu saja didatangi oleh pengunjung dan wisatawan dari berbagai daerah. Tentu saja penginapan di sekitarnya pun akan penuh. Makanya, lebih baik booking penginapan dari jauh-jauh hari supaya Kamu tetap bisa menginap di sana.

2. Pakaian

Kamu harus tahu, kawasan Dieng ini adalah kawasan dataran tinggi yang memiliki hawa udara yang dingin banget. Nah, jangan sampe Kamu lupa bawa baju-baju hangat atau jaket tebal yang bikin Kamu tetap hangat walaupun berada di wilayah oudoor.

3. Tiket

Acara Dieng Festival ini juga ditunggu-tunggu banget loh sama banyak orang. Jadi, bukan cuma Kamu yang memburu tiket masuk ke acara festival. Sebaiknya ngantri paling depan deh buat beli tiket saat acara akan dimulai, kalau kelewatan Kamu bisa kehabisan tiket loh.

Ternyata, acara festival kebudayaan di Dieng ini semenarik itu ya. Gak heran kalau banyak wisatawan yang sengaja datang ke sana buat menghadiri keseruan acaranya. Acara ini emang ditujukan untuk menarik jumlah pariwisata yang datang ke kawasan Dieng.

Campuran unsur wisata dan budaya yang ada di acara Dieng Culture Festival ini juga mengandung daya tariknya tersendiri. Jadi, anak-anak muda yang datang ke sini juga gak akan bosan atau malas melihat acara-acara budaya yang ada di dalamnya.

By Ningrum