4 Sifat Wajib Rasul yang Wajib Dicontoh Setiap Umat Islam

Rasul merupakan orang-orang pilihan Allah SWT yang dipercaya untuk menyebarkan ajaran bagi suatu kaum. Jika sudah membajas soal orang pilihan, tetunya orang tersebut bukanlah orang biasa, apalagi yang memilih adalah Yang Maha Agung yaitu Allah SWT. Melihat dari pertanyaan para ulama mengenai Rasul, ternyata terdapat 4 sifat mustahil bagi Rasul.

Tentunya kamu penasaran dan bertanya-tana, apa saja si sifat mutahil bagi Rasul? Sifat mustahil bagi Rasul Antaralain;

  • Kidzib
  • Khianat
  • Kitman
  • Baladah

Dari semua sifat-sifat tersebut, tentunya masing-masing memiliki penjelasan, seperti apa penjelasannya? Simak sebagai berikut.

  1. Kidzib, Sifat Mustahil Bagi Rasul

Sifat mustahil bagi Rasul pertama yang aka kita bahas yaitu Kidzib, yang berarti berbohong. Sebagai orang pilihan Allah SWT, tentu Rasul akan dijaga dan dijauhi dari sifat-sifat tercela, salah satunya adalah berbohong. Rasul memiliki tugas untuk menyampaikan berita kebenaran, maka dari itu Rasul dijauhi dari sifat tercela seperti berbohong.

Terdapat sebuah hadist yang menjelaskan bahwa Rasul memiliki sifat sidiq. Rasulullah SAW berabda:

“Sesungguhnya sidi1 itu membawa pada kebaikan, dan kebaikan akan menunjukkan kepada surga. Dan seseorang berperilaku sidiq, hingga ia dikatakan sebagai seseorang yang sidiq. Sementara kedustaan akan membawa pada keburukan, dan keburukan akan mengantarkan pada api neraka. Dan seseorang berperilaku dusta, hingga ia dikatakan sebagai pendusta.”

  1. Khianat, Sifat Mustahil Bagi Rasul

Yang kedua ada Khianat, sudah sepatutnya bagi seorang Rasul menjauhi dan dijauhi dari sifat Khianat atau munafik seperti berbicara bohong dan kerap kali mengingkari janji. Lebih jelasnya larangan tentang sifat tersebut dijelaskan dalam riwayat Hadist KR. Imam Tarmudzi, Rasulullah SAW bersabda:

“Janganlah engkau memutuskan perkataan Saudaramu (jangan mengajak berbantah-bantahan) dan janganlah memperokol-olokannya, dan janganlah engkau berjanju kepadanya kemudian engkau tidak memenuhinya.” (H. R. Imam Turmudzi)

  1. Kitman, Sifat Mustahil Bagi Rasul

Sifat mustahil bagi Rasil selanjutnya yaitu Kitman, yang berarti suka menyembunyikan sesuatu. Setidaknya itulah yang diajarkan oleh Rasul yakni tidak menyembunyikan sesuatu yang penting dari pengikutnya. Ia cenderung akan menyampaikan seuatu kebenaran, tidak ada yang dikurangi dan dilebih-lebihkan. Bayangkan saja jika seorang Rasul menyampaikan kebohongan, akan jadi apa umatnya?

Kitman sendiri adalah sifat yang berlawanan dengan tabligh, yang merupakan salah satu sifat wajib bagi Rasul. Tabligh sendiri memiliki makna yaitu, menyampaikan wahyu dari Allah SWT dengan tidak menyembunyikan apapun. Maka dari itu Kitman merupakan sifat mustahil yang ada dalam diri seorang Rasul. Begitupun dengan kita, tentu kita juga harus menjauhi perbuatan tersebut walaupun kita hanya manusia biasa.

  1. Baladh, Sifat Mustahil Bagi Rasul

Sifat mustahil bagi Rasul selanjutnya yang akan kita bahas yaitu, Baladh yang memiliki arti yaitu bodoh. Tidak mungkin bagi seorang kekasih Allah SWT yaitu Rasul dan dalam dirinya terdapat sifat kebodohan. Kebodohan sendiri merupakan salah satu sifat tercela, maka dari itu Rasul sangat dijauhi dan sangat tidak mungkin memiliki sifat bodoh.

Sebagai manusia biasa saja, kita dilarang keras untuk bodoh, sebab orang yang bodoh merupakan orang yang lemah dari segala sisi.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar 4 sifat mustahil bagi Rasul yang penting untuk kamu ketahui. Setidaknya sekarang kamu sudah mengetahui apa saja sifat mustahil bagi Rasu.

By Drajad