10 Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Islam, Wajib Tahu!

Bagi kamu yang beragama Muslim wajib mengetahui nama malaikat dan tugasnya. Sebagaimana diketahui dalam agama Islam, setiap muslim wajib menyakini rukun iman yang berjumlah enam.

Rukun iman yang kedua yaitu iman kepada malaikat – malaikat Allah. Meski sosok malaikat tidak bisa dilihat secara kasat mata, namun mempercayai adanya malaikat harus diajarkan kepada anak sejak dini.

Dalam ajaran Islam, Allah SWT menciptakan malaikat dari nur (cahaya) dan semua muslim wajib mempercayainya. Malaikat sendiri merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang senantiasa taat terhadap perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Sebenarnya Allah SWT menciptakan ribuan malaikat, namun yang wajib kita ketahui hanya 10 nama malaikat saja. Siapa saja kesepuluh malaikat tersebut? Berikut 10 nama malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui Muslim :

  1. Malaikat Jibril

Nama malaikat pertama yang wajib diketahui adalah Jibril yang bertugas menyampaikan wahyu Allah SWT dan meniupkan roh ke dalam janin.

Tugas tersebut disebutkan dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 102, yang artinya :

“Katakanlah, Rohulkudus (Jibril) menurunkan Al-Qur’an itu dari Tuhanmu dengan kebenaran, untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri (kepada Allah).” (QS. An-Nahl : 102)

  1. Malaikat Mikail

Nama malaikat kedua yaitu Mikail. Tugas malaikat Mikail adalah memberikan rezeki kepada makhluk hidup. Selain itu, ia juga bertugas mengatur panas, hujan, dan tanaman yang ada di bumi.

  1. Malaikat Israfil

Israfil menjadi nama malaikat ketiga yang wajib diketahui. Tugas malaikat Israfil adalah meniup terompet sangkakala di hari kiamat dan di hari kebangkitan.

Tugas tersebut termaktub dalam Al-Qur’an surat Az-Zumar ayat 68, yang artinya :

“Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah).” (QS. Az-Zumar : 68).

  1. Malaikat Izrail

Nama malaikat keempat yang wajib diketahui adalah Izrail yang bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk hidup yang ada di dunia. Tak ada satu pun makhluk di dunia ini yang akan terlewat dari takdirnya untuk meninggal jika waktunya memang sudah tiba.

Karena itu, sang malaikat akan mendatangi makhluk tersebut untuk mencabut nyawanya.

  1. Malaikat Raqib

Nama malaikat kelima yang wajib diketahui adalah malaikat Raqib yang bertugas mencatat amal kebaikan pada manusia semasa hidupnya.

Karena itu, kita harus senantiasa berbuat baik kapanpun dan kepada siapapun agar amal perbuatan kita dicatat dalam buku malaikat Raqib.

  1. Malaikat Atid

Malaikat keenam yaitu Atid yang memiliki tugas mencatat semua amal buruk manusia semasa ia hidup. Tugas tersebut dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Qaf ayat 17-18, yang artinya :

“(Ingatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatannya), yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri.” (QS. Qaf : 17).

  1. Malaikat Munkar

Kemudian, malaikat ketujuh adalah Munkar yang memiliki tugas menanyai manusia yang telah meninggal di dalam kubur. Sang malaikat akan menanyai manusia terkait keimanannya dan akan mendatangi seseorang yang banyak berbuat keburukan semasa hidupnya.

  1. Malaikat Nakir

Selanjutnya, ada malaikat Nakir. Nama malaikat kedelapan ini memiliki tugas menanyai manusia yang telah meninggal dunia didalam kubur terkait kebaikan – kebaikan yang dilakukannya selama hidup di dunia.

  1. Malaikat Malik

Nama malaikat kesembilan adalah Malik yang bertanggung jawab menjaga pintu surga. Tugas tersebut tertuang dalam Al-Quran surat Az-Zukhruf ayat 77, yang artinya :

“Dan mereka berseru, ‘Wahai (Malaikat) Malik ! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja’. Dia menjawab, ‘Sungguh, kamu akan tetap tinggal (di neraka ini).” (QS. Az-Zukhruf : 77).

  1. Malaikat Ridwan

Nama malaikat yang terakhir adalah Ridwan yang bertugas menjaga pintu surga.

By Drajad