hutan pinus kragilan

Saat ini hutan pinus sudah menjadi primadona di kalangan objek wisata yang lagi hits di Jogja. Kalau Anda kemarin hanya bisa berkunjung ke hutan pinus Mangunan atau di hutan pinus Pengger, saatnya Anda bergeser ke utara sebentar, tepatnya di Hutan Pinus Kragilan.

Hutan Pinus Kragilan ini berlokasi di Magelang. Anda pasti tahu, kota Magelang terkenal dengan adanya Candi Borobudur. Jadi Anda bisa berwisata ke Candi Borobudur dan mlipir ke Hutan Pinus Kragilan ini. Hutan Pinus ini menyuguhkan wahana selfi yang berbeda dengan pemandangan yang berbeda pula. Gunakan sewa mobil Jogja lepas kunci jika Anda sekalian berwisata dari daerah Jogja.

Jika Anda ingin foto Anda ala-ala liburan ke luar negri, Anda bisa datang ke sini dan berjalan di jalan setapak yang membelah hutan pinus menjadi dua. Anda bisa berfoto di tengah jalan setapak itu yang ditengahnya banyak payung-payung jepang yang bergelantungan. Seketika saat Anda foto di tengah jalan setapak itu, serasa Anda berada di negara tirai bambu.

Lokasi dan Rute Menuju ke Hutan Pinus Kragilan

Hutan Pinus Kragilan Magelang ini berada di lereng Gunung Merbabu. Tepatnya berada di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Merbabu membuat kawasan Hutan Pinus ini begitu sejuk dan asri. Tak hanya itu, pemandangan yang disajikan melalui gardu pandang juga sangat cantik.

Letaknya yang berada di lereng pegunungan membuat jalan yang Anda harus tempuh sedikit penuh tantangan, yakni berkelok dan menanjak. Namun meskipun demikian, jalan yang menuju ke sana terhitung mudah diakses karena berupa jalan raya besar sehingga Anda tidak perlu takut akan menghadapi jalan yang berbatu dan terjal.

Hutan Pinus Kragilan ini juga berada tidak jauh dari lokasi objek wisata lain di Magelang. Seperti halnya Ketep Pass, dan Ketep Kopeng. Dengan begitu, Anda bisa menjelajah beberapa objek wisata sekaligus. Menarik, bukan?

Cara Menuju ke Lokasi

Rutenya cukup mudah untuk menuju ke Hutan Pinus Kragilan ini. Anda hanya perlu melalui jalur alternatif Salatiga menuju ke arah Kopeng. Anda bisa mengikuti petunjuk arah yang menuju Ketep Pass dan Ketep Kopeng. Lurus terus sampai Anda menemukan petunjuk arah menuju Hutan Pinus Kragilan.

Jika Anda bingung, Anda bisa menggunakan layanan Google Maps yang siap membantu Anda untuk sampai ke lokasi. Jika Anda dari pusat Jogja, Anda hanya perlu waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Tenang saja, meski lumayan lama, namun berwisata ke objek wisata Hutan Pinus Kragilan ini tidak akan membuat Anda menyesal. Justru, semua rasa lelah selama perjalanan bisa hilang saat sampai di kawasan hutan pinus ini.

Harga Tiket Masuk ke Pinus Kragilan

hutan pinus kragilan
sumber: yukk.co.id

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati keindahan hutan pinus Kragilan ini. Pasalnya, harga tiket masuk di sini hanya berupa parkir kendaraan. Jika Anda ke sini menggunakan kendaraan bermotor, Anda akan dikenakan biaya sebesar 3.000 ribu rupiah. Namun, jika Anda menggunakan mobil, Anda akan kena biaya sebesar 10.000 rupiah.

Dengan harga tiket yang tidak terlalu mahal, Anda bisa bebas menjelajah hutan pinus Kragilan dan berburu spot foto unik yang banyak dibuka di sana. Anda mungkin juga akan dikenai biaya lagi saat mencoba spot foto seperti spot foto flyfox dan lain sebagainya.

Fasilitas di Hutan Pinus Kragilan

Hutan Pinus Kragilan Magelang ini memang tergolong wisata baru, namun kemunculannya sudah lumayan lama. Maka dari itu, tak heran jika objek wisata yang satu ini sudah mulai membangun fasilitas umum yang bisa digunakan oleh para pengunjung.

Di sana Anda bisa menikmati makan di beberapa tempat makan yang telah disediakan. Anda juga bisa menggunakan mushola sebagai tempat ibadah sembari istirahat siang. Kalau Anda kebelet pipis, Anda juga bisa menggunakan toilet umum yang ada di sana.

Mencoba Berbagai Spot Selfi

Selain hutan pinus yang luas dan megah karena pepohonan pinus yang kokoh tumbuh berjajar, Anda juga bisa menikmati wahana lain yang ada di hutan pinus Kragilan ini. Anda bisa berfoto di spot selfi yang berayun-ayun. Spot ini juga merupakan salah satu spot yang paling banyak dicari oleh para pengunjung.

Anda bisa merasakan sensasi duduk di bangku terbang yang dikaitkan dengan rantai besi yang menggantung. Tenang saja wahana spot selfi ini cukup aman dengan adanya sabuk pengaman yang bisa Anda pakai. Anda hanya perlu membayar sebanyak 10.000 rupiah saja untuk bisa mencoba spot menantang yang satu ini.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak teman Anda untuk minum kopi sembari berfoto digardu pandang yang dibentuk seperti meja kursi kafe. Anda bahkan bisa menggunakan properti tambahan seperti segelas kopi yang tersedia di atas meja. Latar belakangnya? Jangan ditanya, karena sangat cantik berlatar belakang hijau-hijau pohon yang membuat Anda seperti sedang minum kopi di atas ketinggian yang mempesona.

Ada banyak spot cantik dan unik di sini. Anda juga bisa merencanakan foto prewedding di hutan pinus ini. Ada spot unik juga yang berlatar belakang langsung pohon pinus yang cantik. Rasanya Anda seperti sedang berlibur di negara lain.

Anda bisa terus menjelajah, menyusuri hutan pinus yang cantik dengan ragam spot selfi yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik foto Anda. Anda juga bisa menggunakan jasa sewa mobil Jogja untuk menjangkau tempat ini. Happy Holiday.

By skyweb