Ziarah Kubur Dilarang Selama PPKM Mikro di DKI Jakarta

Setiap ada kehidupan pasti akan ada kematian. Begitu pun dengan manusia, pasti akan datang waktunya dimana kita akan kembali kepada Allah SWT dan harus mempertanggungjawabkan atas apa yang telah kita lakukan di dunia. Sebagaimana yang terdapat dalam Al-Qur’an, surat An-nisa, ayat 78 yang artinya :

“Dimana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi dan kokoh”.

Dari firman Allah tersebut dan penyampaian dari Rasulullah, bisa kita dapatkan pengetahuan bahwa kematian adalah sesuatu yang pasti. Akhirat adalah tempat kita berpulang yang sebenar-benarnya dan dunia bukanlah kehidupan yang kekal abadi, semuanya akan hilang karena bersifat fana. Karenanya, kematian seseorang menjadi sebuah pengingat bagi kita kelak juga akan mengalaminya.

Sebagaimana yang diriwayatkan dalam sebuah hadist :

“Dari Ummu Salamah R.A, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : ketika kalian menyaksikan orang yang sakit atau meninggal dunia, maka berkatalah yang baik. Sesungguhnya malaikat mengamini terhadap apa yang kalian katakan.”(H.R.Muslim)

Doa Saat Ada Orang yang Meninggal

Ketika ada orang yang meninggal terutama umat muslim, maka sudah seharusnya kita mendoakan dan melafalkan doa untuknya. Salah satunya  adalah dengan mengucapkan :

Innalillahi wa innailaihi rojiun

Artinya :

” Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah, dan hanya kepada-Nya kami kembali”

Selanjutnya diikuti lafadz :

Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu ‘uqba hasanah

Artinya :

” Ya Allah, ampunilah diriku dan dan dia serta berikan kepadaku darinya pengganti yang lebih baik”

Dengan mengucap doa ini, selain kita mendo’akan para jenazah, kita juga bisa mengingat tentang kematian. Kita juga akan mengalaminya kapanpun, sehingga kita siap tidak siap harus bisa melaluinya dengan tanggung jawab. Yang bisa mengikuti kita di akhirat hanyalah amal ibadah dan bekal pahala yang telah kita lakukan di dunia.

Doa Untuk Orang Meninggal Laki-laki

Ketika ada orang yang meninggal berjenis kelamin laki-laki, terutama dia adalah seorang muslim maka bacakanlah doa dan tambahkanlah doa khusus dari kita untuknya. Berikut adalah doa yang bisa kita panjatkan :

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi  wa’fu anhu wa akrim nuzu lahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bilmaai wats-tsalji walbaradi wanaqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wazaujan khairan min zaajihi wa adkhilhuljannata wa ‘aidzhu min ‘adzaabilqabri wafitnatihi wamin ‘adzaabinnaari

Artinya :

” Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya. Cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami atau istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Doa Untuk Orang Meninggal Perempuan

Ketika ada orang yang meninggal berjenis kelamin perempuan, maka kita bisa memanjatkan doa sebagai berikut :

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

By sartika