Flow meter merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur laju aliran atau Jumlah suatu fluida yeng bergerak mengalir dalam suatu pipa tertutup atau saluran terbuka layaknya channel atau sungai atau parit atau gorong-gorong. Jenis fluida yang melalui atau diukur oleh flow meter dapat berupa cairan, gas maupun solid.

Dalam Aplikasinya pemanfaatan flow meter untuk mengukur aliran baik berupa kecepatan aliran, kapasitas aliran maupun volumenya atau beratnya fluida membawa aplikasi yang berbagai macam. Aplikasi pemanfaatan flow meter terkait terhadap tujuan, manfaat, kendala yang terkait terhadap keadaan yang diperlukan rekayasa sehingga pemasangan flow meter berikut sesuai dengan target dan manfaatnya.

Flow meter membawa banyak makna penyebutan baik berdasarkan fungsi maupun tujuannya layaknya flow gauge, flow indicator, liquid meter, gas meter, water meter dan lainya terkait terhadap jenis industri , Namun fungsi dari flow meter tetap sama yaitu untuk mengukur aliran.

Sebagai alat ukur maka flow meter mempunyai variable paling penting yang harus di mencermati yaitu tingkat akurasi dari flow meter. Dalam penggunanya kami harus mengetahui bahwa flow meter membawa berbagai jenis dan jenis dimana membawa fungsi aplikasi yang tidak sama dengan tingkat akurasi yang juga berbeda. Makin tinggi akurasi dari pembacaan flow meter maka makin mahal harganya.

By toha