contoh perusahaan dagang di indonesia

Ada banyak jenis perusahaan dan bisnisnya di Indonesia. Di era modern ini juga bisa dipastikan sangat mudah menemukan perusahaan di sekitar kita, diantaranya adalah perusahaan dagang.

Contoh perusahaan dagang yang umum adalah minimarket di lingkungan Anda. Perusahaan dagang sendiri merupakan badan usaha yang menjual produk barang jadi, atau tidak merubah bentuk produk tersebut dari produsen aslinya.

Jadi perusahaan tersebut hanya menyalurkan produk dari produsen asli ke konsumen akhir. 

Ciri-Ciri Perusahaan Dagang

Anda dapat dengan mengenal perusahaan dagang lebih mudah dengan ciri perusahaan dagang berikut ini. 

Kegiatan Usahanya

Menurut akuntansilengkap.com, kegiatan usaha perusahaan dagang adalah menjual produk perusahaan produsen lain. Sehingga produk yang disediakan masih utuh sama seperti produk keluaran produsen.

Namun tidak sedikit juga perusahaan dagang yang membuat label tersendiri untuk produk tertentu, misalnya produk makanan.

Pembukuan Akuntansi

Pembukuan akuntansi di perusahaan dagang memiliki perhitungan persediaan barang dagang pada jurnal umum perusahaan dagang. Pada laporan laba rugi juga ditemukan akun harga pokok pembelian dan harga pokok penjualan.

PT Matahari Putra Prima Tbk

PT Matahari adalah perusahaan dagang besar yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti produk fashion, produk tas, produk kebutuhan pokok dan lain-lain. Perusahaan ini memiliki banyak anak usaha diantaranya Hypermart. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai produk siap pakai yang dijual di gerai-gerai Hypermart di seluruh Indonesia. Hypermart juga banyak disebut sebagai pasar modern. 

Mitra 10

Siapa nih yang lagi cari bahan bangunan untuk renovasi dan perbaikan rumah? sekarang sudah hadir Mitra 10 di kota-kota besar. Perusahaan ini menyediakan berbagai kebutuhan bangunan baik interior maupun eksterior.

Gerai Mitra 10 yang biasanya berukuran besar, sehingga menampung hampir semua jenis peralatan dan bahan bangunan yang dibutuhkan untuk renovasi rumah.

Besi, keramik, kipas angin, ac, kabel, kompor, regulator dan masih banyak barang lainnya. 

PT Indomarco Prismatama

Meski Anda jarang mendengar nama perusahaan yang satu ini, tapi pasti pernah tahu Indomaret kan? nah Indomaret adalah minimarket milik PT Indomarco Prismatama yang sangat mudah ditemukan di sekeliling kita. 

Indomaret menjual berbagai barang kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari seperti perlengkapan mandi, jajanan, beberapa jenis obaat dan vitamin serta bahan makanan pokok lainnya.

Usaha dagang ini sangat menarik, sehingga banyak diikuti metodenya oleh pengusaha lokal. Tampilan produk yang beragam, lampu yang terang, sistem kasir membuat minimarket ini mengundang konsumen untuk berbelanja.

PT Alfaria Trijaya

Sama seperti nama perusahaan sebelumnya, PT Alfaria Trijaya merupakan perusahaan dagang yang memiliki brand Alfamart. Jenis barang yang dijual sama dengan Indomaret, berupa bahan pokok dan sejenisnya.

Alfamart dan Indomaret sering ditemukan dalam lokasi yang berdekatan dan juga sering menawarkan potongan-potongan harga yang menarik.