Tidak semuanya member bahasa Inggris ke Indonesia dengan lengkap, mulai dengan cara yang mudah dan cepat ditentukan dengan menggunakan penyedia jasa terjemahan bahasa Inggris-Indonesia. Namun, tidak semua penyedia layanan terjemahan memiliki hasil terjemahan yang akurat.

Pengguna harus hati-hati memilih platform penerjemah yang dapat menangani pekerjaan terjemahan dengan hasil yang baik dan tata bahasa yang akurat. Berikut adalah 5 layanan terjemahan bahasa Inggris-Indonesia yang akurat, bermanfaat, dan umum digunakan.

1. Google Translate

Fitur yang disediakan oleh pengembang raksasa teknologi Google ini paling populer dan sering digunakan oleh banyak orang. Fitur Google Translate tidak hanya menyediakan pilihan bahasa Inggris dan Indonesia saja, tetapi hampir semua bahasa di seluruh dunia atau setidaknya tersedia total 109 bahasa.

Fitur yang diluncurkan pada April 2006 ini juga memungkinkan pengguna menerjemahkan halaman web dan dokumen dengan mudah dan sederhana serta menyediakan fitur mode offline. Selain penerjemah lewat tulisan, Google Translate juga bisa menerjemahkan bahasa lewat input suara dengan hasil terjemahan lewat tulisan.

Ingin memperdalami kosa kata diberbagai bahasa Internasional & Daerah? Bisa kunjungi situs maknaa.com pada tautan tersebut.

Ini bisa dihilangkan ketika pengguna ingin menerjemahkan ucapan orang lain. Google Translate dapat diakses kapanpun dan dimanapun dari berbagai perangkat, mulai dari PC, laptop, Android, dan iOS.

2. Bing Translator

Bing Translator adalah platform terjemahan yang dibuat oleh Microsoft. Fitur Bing dapat menerjemahkan hingga 5.000 karakter, tersedia dalam 60 bahasa, dan dilengkapi dengan fitur deteksi otomatis. Detektor ini membantu pengguna untuk lebih mudah memahami bahasa asli dari teks yang diketik sebelum menerjemahkannya ke bahasa lain.

Selain itu, tidak hanya dengan mengunduh aplikasi Bing Translator di smartphone berbasis Android atau iOS, pengguna juga dapat menikmati fitur-fitur serta mode offline. Fitur ini tentunya sangat berguna jika Anda berada di area yang jangkauan internetnya sulit dan Anda tidak mendapatkan sinyal Wi-Fi.

3. Yandex Translate

Situs penerjemah bahasa yang didirikan pada 22 Maret 2011 ini memiliki fitur yang cukup lengkap dibandingkan dengan yang lain. Yandex Translate tersedia dalam 97 bahasa dan bisa menerjemahkan bahasa hingga maksimal 10 ribu kata.

Selain penerjemah lewat tulisan, Yandex juga bisa menerjemahkan bahasa lewat masukan suara dengan hasil terjemahan lewat tulisan. Kemudian dilengkapi dengan keyboard di layar dan fitur ejaan otomatis untuk mengoreksi secara otomatis jika ada masukan kata atau huruf yang salah eja.

Lebih menariknya, tidak hanya menerjemahkan dalam bentuk teks dan suara, Yandex juga dapat menerjemahkan teks yang ditulis dengan gambar atau foto menjadi teks biasa melalui fitur gambar yang tersedia.

4. iTranslate

iTranslate, penyedia layanan penerjemah bahasa Austria, didirikan pada 2009. iTranslate dikatakan mampu menerjemahkan setidaknya 80 bahasa asing. Platform iTranslate memiliki keunggulan dari antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan. iTranslate juga terus memberikan inovasi untuk perkembangan layanannya. Selain itu, iTranslate dapat menerjemahkan bahasa melalui input suara dengan hasil terjemahan secara tertulis.

5. Sederet’

Situs yang menyediakan layanan terjemahan bahasa Indonesia ini memiliki fitur penerjemah hanya untuk bahasa Inggris-Indonesia dan sebaliknya. Selain sebagai situs penerjemah, Sederet juga sebagai situs pembelajaran.

Oleh karena itu, ada fitur lain seperti fitur latihan listening, grammar learning, hingga materi pembelajaran TOEFL. Selain itu, terdapat berbagai artikel yang dapat dijadikan referensi bagi pembaca untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Kelima situs di atas merupakan layanan terjemahan bahasa Inggris-Indonesia yang sering digunakan dan memiliki keakuratan yang tinggi. Pengguna dari berbagai latar belakang dapat menikmati fasilitas untuk memfasilitasi kuliah, tugas kerja, serta untuk keperluan rekreasi dan hiburan.

By ansyah