Bunga kertas atau disebut juga bunga bougenville merupakan tanaman hias yang populer karena mudah dalam perawatan dan perawatannya. Selain itu, tanaman hias berbunga juga hadir dalam berbagai jenis dan warna sehingga Anda dapat berkreasi dengan berbagai jenis warna untuk menciptakan taman bunga cantik yang sesuai dengan keinginan Anda.

Tertarik memiliki bunga kertas di taman Anda? Yuk, pelajari bagaimana cara menanam bunga kertas dan juga tips perawatan agar bunga ini terus-terusan mekar dengan subur!.

1. Persiapkan Media Tanam Bunga Kertas

Salah satu ciri tanaman hias ini adalah menyukai media tanam yang keropos sebagai media sirkulasi udara dan drainase yang baik. Maka dari itu, media yang disarankan adalah menanam bunga kertas campuran tumbuhan pasir.

Baca juga di situs pupuknaturalnusantara.net untuk mendapatkan info menarik seputar pupuk tanaman hias dan buah.

Gunakan campuran pasir dan tanah humus malang sebagai media untuk menanam bunga kertas. Pasir yang lemah juga dapat menahan kelembapan dari media tanaman sehingga bunga kertas dapat tumbuh lebih baik.

2. Menanam Bunga Kertas

Setelah media tanam siap, cara termudah untuk memulai adalah dengan membeli bibit langsung dari bunga kertas. Namun, jika ingin mencoba menghasilkan dari tanaman yang sudah ada, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, termasuk dengan memotong batangnya.

Pilih tangkai bunga kertas yang matang dan potong menjadi potongan yang tajam dan runcing. Rekatkan batang ke media tanaman hingga kedalaman lima sentimeter.

Teknik menanam bunga kertas menjadi populer dan menjadi favorit karena Anda bisa menanam warna pada batang yang sama. Cara okulasi adalah dengan mencangkok batang muda dari satu tanaman bunga kertas ke tanaman bunga kertas lainnya. Karena tingkat kesulitannya yang tinggi, metode ini akan lebih mudah dilakukan di tangan yang ahli.

3. Memangkas Tanaman Bunga Kertas Dengan Teratur

Setelah menanam bunga kertas, salah satu perawatan yang harus dilakukan secara rutin adalah pemangkasan. Pemangkasan ranting tidak hanya membantu tanaman hias tetap rapi tetapi juga memberikan stimulasi bagi perkembangan bunga dan bunga.

Selain ranting, pemangkasan akar juga diperlukan. Hal ini untuk memastikan akar tanaman bunga kertas tidak melebihi batas kapasitas pot bunga.

4. Siram Bunga Kertas Secukupnya

Seperti tanaman hias lainnya, penyiraman menjadi suatu keharusan agar bunga kertas bisa tetap subur. Namun perlu anda ketahui bahwa tanaman hias jenis ini membutuhkan waktu setahun hingga setahun tanpa penyiraman sama sekali. Periode ini disebut masa kering.

Periode ini biasanya ditandai dengan munculnya kuncup bunga awal. Pengeringan ini akan merangsang mekarnya kuncup bunga kertas. Selama waktu ini, jangan menyiram tanaman selama beberapa hari lagi.

5. Lakukan Pemupukan Ulang

Untuk memberikan nutrisi tambahan pada bunga kertas, Anda juga perlu memberikan pupuk. Umumnya pupuk ini bisa diaplikasikan sebulan sekali. Pupuk yang bisa digunakan bisa bermacam-macam, dari pupuk kandang, kompos, atau pupuk kimia. Karena bunga kertas umumnya mempunyai daya tahan tinggi, maka aplikasikan pupuk yang tepat agar media tanam tidak terlalu bergizi.

6. Letakkan Di Tempat Yang Banyak Sinar Matahari

Tanaman bunga kertas jenis ini membutuhkan banyak sinar matahari. Hal ini membuat bunga yang juga sering disebut tanaman hoki ini lebih cocok untuk hidup di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Dengan demikian bunga kertas akan tumbuh lebih subur.