Dot huki – Cara merangsang bayi agar cepat lahir menjadi penting diketahui bagi para ibu hamil. Setelah 40 minggu yang panjang, tentu Anda sudah mempersiapkan banyak hal seperti tas yang dikemas dan mental.

Apalagi jika bunda dapat merasakan tendangan dan goyanAliran Air Terhalanggan bayi, tapi belum mengalami kontraksi, sebagian mungkin merasa khawatir akan hal ini.

Tak sedikit para ibu yang bertanya-tanya apa yang dapat dilakukan untuk mempercepat bayi agar cepat lahir sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

Dalam beberapa kasus, induksi dapat berlangsung selama berjam-jam, bahkan berhari-hari. Ada sejumlah metode berbeda yang dapat dilakukan oleh dokter untuk menginduksi persalinan.

Meski begitu, ada hal lain pula yang dapat Anda terapkan menjelang masa persalinan tersebut. Tapi alangkah baiknya tetap berbicara dengan penyedia layanan kesehatan, sebelum mencoba.

Cara merangsang bayi agar cepat lahir adalah merangsang puting. Karena hal ini bisa menyebabkan rahim mudah berkontraksi.

Melansir dari Healthline, stimulasi puting susu akan merangsang produksi oksitosin. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan rahim berkontraksi dan payudara mengeluarkan ASI.

Fakta lainnya, jika Anda memilih untuk menyusui bayi segera setelah melahirkan. Rangsangan yang sama inilah yang akan membantu rahim menyusut kembali ke ukuran aslinya.

Menggosok atau memutar puting dengan lembut merangsang payudara akan melepaskan oksitosin.

Penelitian dari National Institutes of Health (NIH), menunjukkan bahwa stimulasi payudara dapat menjadi cara yang efektif di antaranya:

– Menginduksi dan menambah tenaga kerja

– Menghindari induksi medis

– Mengurangi tingkat perdarahan postpartum
Akupunktur

Cara merangsang bayi agar cepat lahir selanjutnya ialah dengan akupuntur. Akupunktur telah digunakan selama ribuan tahun baik untuk kesehatan.

Pengobatan tradisional asal Cina ini diyakini mampu menyeimbangkan chi atau energi vital di dalam tubuh. Bahkan disebutkan baik untuk merangsang perubahan hormon atau sistem saraf.

Mengutip dari NIH, sejumlah wanita diberi akupunktur sebelum persalinan. Hasil studi menunjukkan bahwa akupunktur tidak mengurangi kebutuhan induksi, serta meningkatan pematangan serviks.

Bergerak Aktif

Gerakan dapat membantu merangsang bayi agar cepat lahir. Setidaknya Anda bisa berjalan-jalan di sekitar lingkungan atau naik dan turun beberapa anak tangga, ini sangat disarankan.

Peningkatan tekanan dari gerakan dan gaya gravitasi, dipercaya membantu serviks Anda melebar.

Ditambah lagi, olahraga bermanfaat untuk menghilangkan stres dan memperkuat otot bunda. Hanya saja, jangan berlebihan karena Anda akan membutuhkan banyak energi saat persalinan dimulai.

By Deric