Kipas angin merupakan perangkat yang digerakan oleh tenaga listrik untuk menggerakan baling baling agar angin dapat berhembus karenanya. Kipas angin begitu lekat dengan kehidupan kita. Dimana mana kita melihat kipas angin mulai di kafe, rumah, kantor dan lainnya. Kipas angin juga mempunyai banyak kenisnya mulai dari kipas angin blower, kipas angin dinding, kipas angin lantai, kipas angin meja, kipas angin duduk dan lain sebagainya. Kipas angin juga digunakan untuk bermacam keperluan entah untuk mengeluarkan udara dari satu riangan, untuk mendibginkan suatu objek, untuk menyejukan ruangan dan tujuan lainnya.

Karena kipas angin begitu kita andalkan dan frekuensi penggunaannya lumayan tinggi apalagi jika digunakan untuk sewa kipas blower jakarta maka kipas angin menjadi alat elektronik yang paling sering mengalami kerusakan. Tentu kita ingin memperbaikinya agar nantinya kipas angin dapat berputar dengan lancar dan dapat digunakan seperti sediakala. Namun sebelum mengetahui cara memperbaikinya anda harus mengetahui apa yang menyebabkannya terlebih dahulu. Jika anda mengetahui apa yang menyebabkan kipas angin rusak, anda nantinya tidak perlu khawatir akan mengalami masalah kipas angin lagi karena anda sudah dapat mencegahnya. Ada beberapa sebab kerusakan pada kipas angin diantara adalah:

1. Jarang dibersihkan

Kipas angin yang jarang dibersihkan dan dirawat rentan mengalami kerudakan akibat debu yang menumpuk.

2. Pemasangan kurang kuat

Saat kipas angin dipasang, kipas angin tersebut tidak terpasang dengan kuat sehingga menyebabkan kerusakan yang diakibatkan oleh komponen yang terlepas atau kurang terpasang dengan baik.

Untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut:

1. Ketahui jenis kerusakannya

Ada beberapa jenis kerusakan pada kipas angin seperti kipas angin berisik, mati total, berputar lambat dan lainnya.

2. Cari tahu sebab kerusakannya

Bongkarlah kipas angin tersebut lalu cari tahu mana yang menyebabkannya rusak. Ada yang rusak karena kabel terputus, kompinen aus atau rusak, rusak dari pabriknya dan lainnya.

3. Perbaiki atau ganti komponen yang rusak

Segera perbaiki komponen kipas angin jika masih bisa. Jika ada komponen yang rusak segera beli alat komponen yang rusak tersebut ke penjual bahan listrik.

By Ningrum