Rayap merupakan salah satu bintang yang kehadirannya tidak diharapkan. Meski sangat jarang manusia diserang secara langsung, rayap tetap saja cukup mengganggu. Pasalnya, kawanan rayap bisa merusak berbagai benda kayu. Bagaimana Anda bisa membasmi rayap agar barang-barang kayu tetap aman di rumah?

Rayap adalah jenis hewan yang hidup berkoloni atau berkelompok. Karena itu, membasmi atau membasmi rayap tidaklah mudah. Ditambah lagi, hewan yang satu ini hidup di bawah tanah, jadi lumayan susah dikenali. Namun, rayap terkadang membangun sarangnya di dekat tanah. Namun, ini tidak berarti rayap dapat dengan mudah diusir atau dibunuh.

Namun jangan khawatir, Anda bisa menggunakan cara berikut ini untuk membasmi rayap secara alami yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Minyak jeruk

Salah satu bahan alami yang digunakan untuk membasmi atau menangkal rayap adalah jeruk atau terutama yang telah diolah menjadi minyak atsiri. Sampul varsitytermiteandpestcontrol.com berisi senyawa D-lime yang tidak disukai rayap. Memang kandungan senyawa tersebut dipercaya ampuh membunuh rayap.

Dipercaya bahwa menggunakan minyak jeruk menyebabkan rayap kehilangan kelembapan dan proteinnya lalu mati perlahan. Anda bisa langsung menyemprotkan minyak jeruk jika rayapnya banyak. Agar efektif, Anda bisa mengulanginya beberapa kali dalam waktu singkat.

2. Cuka putih

Salah satu cara membasmi rayap secara alami adalah dengan menggunakan cuka putih. Selama ini cuka tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan, tetapi juga banyak digunakan untuk membersihkan berbagai furnitur. Cuka putih ternyata tidak hanya dapat membersihkan furnitur dari noda, tetapi juga dapat menghilangkan rayap dari furnitur kayu.

Ini karena sifat asam cuka dipercaya efektif membunuh rayap. Anda juga bisa mencampurkan cuka putih dengan jus lemon agar lebih efektif. Campur satu cangkir cuka dengan dua jus lemon. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya dengan cara disemprotkan langsung pada rayap yang dikelompokkan. Untuk berjaga-jaga, Anda juga bisa menyemprotkannya pada lubang sarang rayap.

3. Sinar matahari langsung

Rayap merupakan salah satu spesies yang takut dengan sinar matahari. Oleh karena itu rayap selalu membangun sarangnya di tempat yang gelap dan lembab. Salah satu cara alami paling efektif untuk membasmi rayap adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Cara ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi rayap yang menyerang furnitur rumah seperti kasur, lemari, atau benda kayu lainnya.

Sebagai pencegahan, Anda juga bisa menyalakan lampu terang di ruangan gelap yang mungkin menjadi rumah bagi rayap. Ini karena rayap merupakan hewan yang tidak tahan terhadap cahaya, termasuk cahaya.

4. Tangkap rayap dengan karton

Cara membasmi rayap selanjutnya bisa dengan memasang perangkap. Ini sangat sederhana: cukup basahi kotak dengan air dan selulosa. Pastikan karton yang Anda gunakan berwarna coklat seperti kayu. Selain tempat-tempat gelap, rayap menyukai benda-benda yang lembab, termasuk kayu basah. Perangkap karton yang dibasahi ini menarik rayap.

Namun, untuk melakukan ini, Anda harus memastikan bahwa kotak tersebut berada di tempat yang mudah diakses rayap. Setelah rayap berkumpul di dalam kotak, Anda dapat menyingkirkannya dan mengambil langkah lain.

5. Air cucian beras

Saat mencuci beras sebelum memasak, jangan buang air cucian. Pasalnya, air cucian beras atau yang sering disebut dengan tagin juga bisa digunakan untuk membasmi rayap.

Namun, untuk mengusir dan membasmi rayap, ada baiknya menggunakan air pencuci yang lama atau kental. Caranya cukup sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah menyemprotkan air cucian ke komunitas rayap.

Berikut beberapa cara membasmi rayap. Anda dapat menggunakan metode yang dijelaskan di atas untuk melindungi benda-benda kayu dari rayap. Semoga bermanfaat!.

Lagi butuh jasa anti rayap bandung? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.