Cara Membakar Ikan Nila

Siapa yang dapat menolak kelezatan ikan bakar nila? Aromanya sangat wangi dan rasanya pun sangat gurih. Namun sayangnya, ikan nila yang dibakar memakai alat pemanggang sering lengket ketika dimasak. Lantas, bagaimana cara membakar ikan nila agar tidak lengket?

Cara Membakar Ikan Nila Agar Tidak Lengket

Untuk mencegah hal tersebut kamu dapat mencoba mempraktikkan saran berikut ini.

1.Memanaskan Minyak dan Alat Sebelum Memanggang

Minyak dan alat panggang yang sebelumnya sudah dipanaskan akan membuat waktu pemanggangan berkurang. Alhasil, daging ikan yang dihasilkan tetap moist alias tidak kering. Langkah ini juga mampu membuat ikan bagian luar terasa lebih renyah dan meninggalkan tkamu panggangan yang semakin mempercantik penampilannya dengan citarasa gurih.

Pastikan sebelum kamu memanggang ikan, alat panggang dalam keadaan bersih. Pakai penjepit makanan yang panjang untuk menghandle lap kertas yang telah dicelupkan ke dalam minyak, kemudian oleskan pada alat pemanggang. Dengan demikian, semua sudut panggangan bisa rata terkena minyak.

2. Memilih Metode Pemanggangan yang Tepat

Ikan nila memiliki tekstur daging yang cukup tebal, kamu bisa mengoleskan minyak terlebih dahulu pada ikan secara merata sebelum dipanggang. Selain minyak, pemberian bumbu juga akan menambah citarasa ikan nila. Pastikan kamu mengoleskan bumbu setelah ikan sudah kering dan tidak ada sisa air dari luar ikan.

3. Menyimpan Ikan Pada Alat Pemanggangan Secara Diagonal

Usahakan untuk memanggang ikan dalam keadaan sudah kering. Oleskan minyak pada ikan secara merata agar bisa terbakar dengan sempurna. Kemudian letakkan ikan nila secara diagonal pada alat pemanggang supaya lebih mudah saat ingin dibalik.

Panggang ikan selama 2-4 menit hingga kulit kecoklatan dan terlihat bekas panggangan sebelum dibalik lagi. Apabila sulit diangkat, panggang kembali t lebih lama hingga bisa dibalik tanpa rusak.

Demikian tadi ulasan mengenai cara membakar ikan nila agar tidak lengket. Citarasa ikan nila akan semakin menggugah selera makan jika dimasak terutama saat dibakar. Pastikan kamu membakarnya tanpa gosong maupun lengket dan membuat daging ikan nila  menjadi hancur.

By arief