Cincin pertunangan identik dengan letaknya di jari manis kiri. Tapi sebagian orang mungkin lebih condong mengenakan cincin di jari kanan, lalu apakah boleh meletakan cincin tunangan di jari kanan? Simak artikel berikut tentang boleh tidaknya letak cincin tunangan di jari kanan.

Bolehkan Memakai Cincin Tunangan di Jari Tangan Kanan?

Kenapa Cincin Tunangan Identik di Jari Manis Kiri?

Sejak dulu cincin tunangan identik dengan dikenakan di jari manis sebelah kiri. Tradisi ini berlangsung bukan tanpa alasan. Cincin tunangan disematkan di jari kiri karena pertunangan dianggap sebagai ikatan yang belum resmi, jadi lebih itulah kenapa dikenakan di jari kiri.

Sedangkan kenapa menurut tradisi cincin tunangan diletakan di jari manis? Hal ini mengacu pada sejarah zaman Romawi Kuno, dimana diyakini bahwa jari manis berhubungan langsung dengan jantung. Jari manis mendapat sebutan Vena Amoris, yang berarti urat nadinya cinta.

Untuk itulah cincin pertunangan dan pernikahan cenderung dikenakan di jari manis. Hal ini dimaksudkan sebagai lambang yang mengikat kedua pasangan dengan mendekatkan pada bagian yang berhubungan langsung dengan jantung.

Apakah Boleh Cincin Tunangan Dikenakan di Jari Kanan?

Mengenakan cincin tunangan di jari sebelah kanan sebenarnya tidak jadi masalah. Apalagi di era modern seperti sekarang, mengenakan cincin di jari kiri atau kanan bisa dilakukan sesuai dengan trend atau selera. 

Namun tentunya ada mengenakan pada jari tertentu juga mesti memperhatikan model cincinnya. Ada sebagian model cincin yang cocok dan akan terlihat lebih manis diletakan di jari manis. Ada juga model yang bisa memberikan tampilan lebih trendy dengan dikenakan di jari telunjuk. 

Model Cincin yang Cocok Untuk Masing-Masing Jari

Jari Telunjuk

Jika ingin mengenakan cincin di jari telunjuk, model yang paling cocok adalah cincin dengan model tipis atau datar. Model cincin ini juga akan lebih nyaman dikenakan di jari telunjuk.

Jari Tengah

Untuk jari tengah akan lebih baik memilih cincin dengan model tipis dan ramping. Jika menyukai cincin dengan permata bisa dipilih model solitaire, tension, bezel atau halo. Agar tidak mengganggu aktivitas bisa saja mengenakan cincin di jari tengah kiri.

Ibu Jari

Untuk cincin di ibu jari, sebaiknya pilih cincin bermodel ramping. Bisa juga mengenakan cincin terbuka dengan permata berlian kecil di bagian dua sisinya. 

Jari Kelingking

Jari kelingking yang mungil akan cocok untuk beberapa jenis cincin, seperti model solitaire, pave atau patterned.  Model signet bermata besar juga akan cocok untuk cincin di jari kelingking

Penutup

Jadi sebenarnya letak cincin tunangan baik di jari tangan kiri atau kanan tidak akan jadi masalah. Tapi ada beberapa arti dari penggunaan cincin di jari. Untuk lebih jelas soal ini lebih baik baca dulu soal jari mana yang cocok untuk cincin tunangan pada artikel letak cincin tunangan ini.